Bawa Model Langganan Beriklan Lebih Dulu, Pesaing Netflix Raup Untung

profile photo reporter Bernadinus Pramudita
BernadinusPramudita
29 Juni 2022
marketeers article
Dului Netflix Pasang Iklan, Pesaing Netflix Raup Untung (FOTO: 123RF)
Rencana Netflix meluncurkan metode langganan dengan yang lebih murah dengan iklan sudah lebih dulu dilakukan para pesaingnya. Salah satunya adalah HBO Max, layanan streaming on demand milik Warner Bros. Platform ini yang sudah lebih dulu menggunakan metode langganan dengan iklan namun lebih murah disebut meraup untung dengan skema ini.
Dalam survei terbaru yang dilakukan oleh Insider, 28% responden pelanggan HBO Max mengatakan bahwa mereka saat ini mendaftar ke dalam langganan dengan iklan mililk platform. Dengan harga berlangganan US$ 9,99 atau sekitar Rp 146.000-an per bulan, pelanggan HBO Max versi dengan iklan dapat mengakses daftar film dan acara TV yang sama dengan mereka yang berlangganan tanpa iklan.
Sementara, berlangganan tanpa iklan di platform dikenakan biaya US$ 14,99 atau sekitar Rp 222.000-an per bulan. Namun, metode langganan dengan iklan tidak memiliki akses untuk mengunduh konten untuk dilihat secara offline atau streaming dalam kualitas lebih tinggi dari 1080p.
Studi yang dilakukan Insider mensurvei sekitar 1.600 orang dewasa di Amerika Serikat. Platform streaming lain yang juga memiliki metode berlangganan dengan iklan mengalami memiliki pelanggan dengan iklan lebih banyak. Contohnya, platform streaming di bawah Disney, Hulu yang juga memiliki 58% pelanggan yang berlangganan dengan iklan menurut survei.
Sebelumnya Co-CEO Netflix sudah mengumumkan bahwa Netflix akan memiliki metode langganan yang lebih murah dengan iklan dalam waktu dekat. “Kami telah mengabaikan segmen pelanggan besar, yaitu orang-orang yang mengatakan: ‘Hei, Netflix terlalu mahal untuk saya dan saya tidak keberatan menonton iklan,” kata Ted Sarandos, Co-CEO Netflix dikutip dari TechRadar, Selasa (28/6/2022).
Seperti halnya HBO Max, perusahaan besutan Reed Hastings dan Marc Randolph itu berencana memperkenalkan metode berlangganan dengan iklan ini untuk pelanggan yang bersedia membayar harga bulanan yang lebih rendah dengan mengorbankan penayangan bebas iklan.
Metode langganan dengan iklan yang akan hadir di Netflix sepenuhnya opsional. Netflix juga tidak akan menambahkan iklan dalam metode berlangganan yang ada sekarang. Netflix hingga kini belum mengumumkan kapan metode berlangganan dengan iklan tersebut akan meluncur. Belum ada informasi pasti seperti apa fitur yang diberikan dalam metode berlangganan dengan iklan yang ada pada Netflix.
Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related