Finance

BCA Bersama AIA Luncurkan Produk Bantu Nasabah Siapkan Masa Pensiun

Kebutuhan finansial masyarakat terus beragam. Salah satu yang pasti dihadapi oleh masyarakat adalah memasuki masa pensiun. Masa pensiun harus bisa dipersiapkan sedari dini.

Hal ini yang membuat BCA bersama dengan PT AIA Financial (AIA) memperkenalkan produk asuransi dana pensiun Proteksi Retirement Maksima (RetirePlan) sebagai salah satu solusi memasuki masa pensiun.

Menurut Presiden Direktur AIA Sainthan Saryamoorthy, latar belakang munculnya kerja sama ini karena berdasarkan AIA Market Landscape Survey 63% masyarakat merasa khawatir tidak dapat memenuhi kebutuhan finansial untuk mendukung kebutuhan hidup di hari tua.

“RetirePlan dirancang dengan berbagai manfaat untuk mempersiapkan masa pensiun sejak dini sekaligus mempertegas komitmen AIA membantu masyarakat Indonesia hidup lebih sehat, lama, dan lebih baik,” ujar Sainthan di Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Hal yang sama juga dinyatakan oleh Wakil Presiden Direktur BCA Suwignyo Budiman pada dasarnya orang di masa pensiun itu ingin merasakan bahagia, khususnya masalah kesehatan. Permasalahannya belum banyak orang yang memiliki dana pensiun. Ia menyebutkan di Indonesia, tenaga kerja formal itu mencapai angka 55 juta. Dan hanya sekitar 17,8 juta yang mengikuti program jaminan hari tua.

RetirePlan merupakan produk asuransi pensiun dengan masa proteksi berjangka mulai dari 5-20 tahun yang memberikan jaminan manfaat tahunan selama 15 tahun, 20 tahun, 25 tahun atau 30 tahun. Manfaat tahunan dijamin hingga 130% premi tahunan dan manfaat akhir polis dijamin hingga 500% premi tahunan. Dengn iuran bulanan mulai dari Rp 2 juta per bulan.

Baik AIA dan BCA menilai bahwa produk ini merupakan produk yang banyak dicari oleh nasabah keduanya. Saat masa soft launching, sudah terdaftar sekitar 300 polis baru.

Di Indonesia pengelolaan dana pensiun hanya sekitar 1,85% daro total produk domestik bruto, atau sekitar Rp 266 triliun berdasarkan data Kementerian Keuangan. Angka ini tertinggal jauh dengan dana kelola pensiun di Thailand yang mencapai empat kali lipat lebih tinggi dibandingkan Indonesia.

Perencanaan masa pensiun sedari dini dapat memberikan rasa aman dan nyaman. Tidak seperti tabungan dan deposito yang tidak bisa mengikuti inflasi. Asuransi dana pensiun dapat berperan menjaga standar kualitas gaya hidup dan memenuhi kebutuhan di masa pensiun.

Editor: Sigit Kurniawan








To Top