Lifestyle & Entertainment

Begini Potret Tren Pariwisata Indonesia versi Traveloka

Photo Credits: 123rf

Menutup akhir tahun 2019, Traveloka memotret deretan insight seputar tren pariwisata di Indonesia. Deretan insight tersebut meliputi perilaku wisatawan dalam merencanakan perjalanan, hingga informasi destinasi, atraksi, dan kuliner terfavorit. Lantas, seperti apa potret tren pariwisata Indonesia versi data internal Traveloka pada tahun ini?

Perilaku Wisatawan

Customer path wisatawan Indonesia digambarkan Traveloka dimulai dari tahap perencanaan (sejak ide muncul), dilanjutkan dengan tahap persiapan (mencari informasi melalui internet atau bertanya kepada orang terdekat, hingga melakukan pemesanan).

Menentukan moda transportasi menjadi tahap pertama ketika mengatur rencana perjalanan, diikuti dengan menyusun agenda, menentukan penginapan, hingga membeli tiket atraksi di destinasi.

Data internal Traveloka menunjukkan, program promosi atau penawaran khusus membuat pengguna menjadi lebih impulsif dalam merencanakan perjalanan.

Sementara, bicara soal waktu pembelian tiket, terdapat perbedaan antara perilaku wisatawan dalam membeli tiket domestik maupun internasional. Rata-rata wisatawan memesan tiket sejak 2 minggu hingga tiga bulan sebelum hari keberangkatan untuk pembelian tiket pesawat internasional. Sedangka,  mayoritas pengguna untuk tujuan domestik memesan tiket pesawat, paling tidak tiga hari sebelum keberangkatan.

Destinasi Terfavorit

Jakarta, Surabaya, dan Makasar menjadi tiga destinasi domestik terfavorit berdasarkan pemesanan produk tiket pesawat. Diikuti dengan Denpasar, Yogyakarta, Medan, Balikpapan, Palembang, Semarang, dan Batam.

Sementara, destinasi internasional terfavorit berdasarkan pemesanan produk tiket pesawat adalah Singapura, Malaysia, Thailand, Jepang, Australia, China, Hong Kong, Vietnam, Korea Selatan, dan Filipina.

Berdasarkan pemesanan produk tiket kereta, para wisatawan menjadikan Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta sebagai destinasi terfavorit. Diikuti dengan dua kota besar lain, yakni Surabaya dan Semarang. Cirebon, Malang, Purwokerto, Solo, dan Bekasi menyusul di posisi berikutnya.

Sama seperti pada pemesanan tiket kereta, destinasi Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Semarang juga menjadi destinasi domestik terfavorit berdasarkan pemesanan tiket bus. Namun, destinasi terfavorit berikutnya adalah Tangerang, Bekasi, Denpasar, Solo, dan Malang.

Atraksi Terfavorit

Di tahun ini, Traveloka memotret terdapat tujuh atraksi internasional terfavorit yang paling banyak dikunjungi wisatawan yang menjadi pelanggan Traveloka. Universal Studio Singapore berada di peringkat teratas, diikuti dengan Gardens by the Bay Singapore, Aquaria KLCC Malaysia, LEGOLAND Malaysia, Hong Kong Disneyland, Tokyo Disneyland, dan S.E.A Aquarium Singapore.

Sementara, di dalam negeri, Jatim Park menjadi destinasi terfavorit wisatawan. Kemudian, Ancol yang belum kehilangan pamor berada di posisi kedua. Diikuti dengan Snowbay Waterpark, Jakarta Aquarium, Jungleland, Waterbom Bali, dan Floating Market Lembang.

Kuliner Terfavorit

Sepanjang 2019, Traveloka memotret, kategori makanan cepat saji dan makanan dengan menu Asia menjadi kategori kuliner terfavorit wisatawan. Diikuti dengan All You Can Eat, western food lengkap dengan hidangan penutup, serta pizza yang menjadi menu andalan ketika mengadakan sebuah acara.

MARKETEERS X








To Top