Career

Benarkah Lulusan Universitas Ternama Lebih Mudah Dapat Kerja

Ada anggapan bahwa lulusan universitas terkenal akan lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan. Hal ini ditambah dengan beberapa kriteria yang dicantumkan oleh beberapa perusahaan besar, semisal lulusan universitas dengan akreditasi tertentu.

Tentunya hal ini banyak membuat para pencari kerja ragu untuk melamar di perusahaan tersebut, semisal mereka bukan lulusan kampus ternama.

Sebenarnya ada alasan tertentu mengapa sebuah perusahaan mencantumkan kriteria khusus untuk lulusan kampus-kampus ternama. Semisal, anggapan bahwa lulusan kampus ternama memiliki kualitas yang bagus. Hal ini disebabkan seleksi untuk masuk ke universitas tersebut cenderung lebih sulit.

Ditambah lagi, kampus dengan reputasi baik mempunyai tenaga pengajar yang berkompeten dan nilai ekspetasi akademi yang tinggi untuk memacu persaingan antar mahasiswa agar mendapat nilai yang tinggi.

Salah satu alasan lainnya adalah kekuatan ikatan alumni. Contoh, rekruiter dari Universitas A akan cenderung merekomendasikan dan memilih sesama almamaternya.

Tapi penjelasan di atas tidak selalu terjadi. Sekarang ini sudah banyak perusahaan yang menerima pekerja berdasarkan kualitas dan kemampuan. Bukan semata-mata lulusan kampus tertentu.

Sebagai pencari kerja, tentunya Anda tetap harus berusaha. Caranya dengan meningkatkan kualitas Anda sebagai lulusan dengan cara aktif mengikuti kegiatan-kegiatan kampus, namun bukan hanya sekedar aktif, tapi ikut ambil bagian dalam pergerakan kegiatan organisasi tersebut. Ikuti pula kegiatan volunteer Dari hal itu, kamu dapat mengembangkan soft skill seperti kepemimpinan, kecepatan dan ketepatan dalam mengambil keputusan, menganalisa situasi kondisi, dan lain-lainnya.

Selain kegiatan kampus, bisa juga mengikuti kegiatan volunteer oleh komunitas di luar kampus. Manfaatkan kegiatan volunteer untuk memperluas koneksi Anda dengan orang-orang di sana. Pengalaman volunteer juga berguna untuk menambah pengalaman di CV kamu, apalagi untuk fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja.

Cara lainnya adalah dengan mengikuti program magang. Pengalaman ini belum tentu dipunyai oleh lulusan-lulusan dari kampus ternama yang merasa pede akan diterima hanya karena almamaternya. Manfaatkan sebaik-baiknya kesempatan untuk magang, karena jika hasil magang baik, Anda bisa memberikan referensi kerja kepada para rekruiter untuk dapat dihubungi. Peluangmu lebih besar apabila tempat magangmu adalah di perusahaan besar dan terkenal.

Most Popular








To Top