Lifestyle & Entertainment

Berapa Lama Idealnya Lamaran Anda Diproses Perusahaan?

Bagi para pencari kerja, mendapatkan panggilan dari perusahaan incaran adalah sebuah idaman. Durasi waktu dipanggil pun beragam dan tidak bisa diprediksi. Sering kali, ada lamaran yang usia pengirimannya sudah berbulan-bulan namun baru dipanggil beberapa bulan kemudian. Lantas, berapa lama wakti ideal sebuah proses recruiting dari perusahaan.

Jawabannya amat beragam dan tergantung pada level dari jabatan yang disediakan. Tokopedia misalnya, untuk kalangan fresh graduate biasanya proses lamaran akan diproses dalam jangka waktu kurang dari sepuluh hari. Jadi apabila Anda melamar ke Tokopedia dan beruntung, maka prosesnya bisa kurang dari sepuluh hari. Tapi, sebelum mencapai ke situ Anda harus berjuang dengan 70 ribu lamaran yang tiap bulannya masuk ke Tokopedia.

“Proses kamu cukup cepat bergantung pada levelnya. Untuk posisi yang lebih senior biasanya akan memakan waktu yang lebih lama,” ujar Fitri Naviati, Recruitment & Employer Branding Senior Lead Tokopedia.

Hal ini juga sama terjadi di PT HM Sampoerna, Tbk. biasanya proses recruitment di Sampoerna mencapai durasi waktu 25 hari. Lagi-lagi tergantung pada tingkatan jabatan yang disediakan. Semakin senior lagi-lagi semakin lama prosesnya.

“25 hari itu apabila sudah ada data pool kandidatnya, biasanya akan lebih cepat,” imbuh Muzliansyah Muzakkir, Head of Organization Effectiveness PT HM Sampoerna Tbk.

Bagi Muzliansyah, seluruh proses recruitment di Sampoerna sudah direncanakan dari satu tahun sebelumnya. Dalam artian, tiap tahun divisi HR Sampoerna melakukan proses perencanaan terkait berapa banyak karyawan yang akan direkrut, posisinya apa saja, saluran komunikasinya di mana.

Namun, tidak sedikit juga perusahaan yang melakukan pencarian karyawan dengan memanfaatkan jasa headhunter-perusahaan yang mencarikan karyawan terbaik untuk mengisi lowongan perusahaan dalam posisi tertentu. Salah satu perusahaan headhunter di Indonesia adalah Robert Walters. Menurut Eric Mary, Country Manager Robert Walters Indonesia, biasanya proses pencarian seorang kandidar hanya memakan waktu sekitar satu minggu.

“Pekerjaan kami adalah bertemu dengan kandidat-kandidat setiap hari dan memahami apa yang menjadi kebutuhan karir mereka,” ungkap Eric.

Semisal ada perusahaan yang memilih menggunakan layanan headhunter seperti Robert Walters, maka mereka akan langsung melihat pada pool data yang dimiliki. Proses ini diakui tidak memakan waktu lama. Namun, proses mendekati para kandidat diakui oleh Eric membutuhkan waktu lebih.

“Kalau perusahaannya cepat tanggap dalam waktu seminggu mereka bisa langsung ketemu dan menentukan untuk merekrut kandidat tersebut atau tidak,” jelas Eric.

Baginya saat ini pasar amat kompetitif. Dalam artian, semakin cepat perusahaan bergerak maka risiko untuk kehilangan kandidat tersebut akan kecil.

“Untuk posisi yang lebih tinggi lagi, semisal C-Level bisa dalam waktu tiga sampai enam minggu. Ini tergantung posisi dan seberapa cepat reaksi dari perusahaan tersebut. Kami harus sangat aktif karena risiko kehilangan talent yang potensial amat besar,” pungkas Eric.

Editor: Sigit Kurniawan

 








To Top