Technology

Bisnis Tumbuh 150% per Bulan, Chilibeli Raih Pendanaan US$10 Juta

Photo Credits: Chilibeli

Platform perniagaan sosial berbasis komunitas, Chilibeli meraih pendanaan sebesar US$10 juta dalam ronde yang dipimpin oleh Lightspeed Ventures. Kinerja bisnis Chilibeli yang mencatatkan pertumbuhan 150% setiap bulan berhasil memikat para investor untuk menanamkan modal mereka.

Didirikan sejak Juli 2019, Chilibeli mengusung model bisnis yang menghubungkan petani dan pemasok dengan setiap rumah tangga guna mengirimkan produk segar dengan harga terjangkau. Memberikan layanan yang nyaman, aman, dan berkualitas menjadi positioning yang diambil Chilibeli.

Model bisnis yang dipilih Chilibeli diimplementasikan dengan memberdayakan agen (Mitra Chilibeli) yang sebagian besar merupakan ibu rumah tangga. Para ibu rumah tangga dipilih lantaran berada pada posisi terdekat dengan target konsumen mereka. Selain itu, Chilibeli turut membuka peluang bagi para ibu rumah tangga untuk menambah pemasukan bagi perekonomian keluarga.

“Perempuan Indonesia, terutama ibu rumah tangga memegang kontrol terhadap pengeluaran keluarga, dan mereka sangat terbuka dengan berbagai peluang bisnis yang dapat menambah penghasilan keluarga. Chilibeli melihat kebutuhan ini sebagai kesempatan sosial yang menguntungkan bagi para ibu rumah tangga yang gemar bersosialisasi,” kata Alex Feng, CEO Chilibeli di Jakarta, Jumat (20/03/2020).

Alhasil, sejak didirikan, kinerja Chilibeli menunjukkan pertumbuhan 150% setiap bulan. Hingga saat ini, Chilibeli telah menciptakan 300 lapangan pekerjaan langsung dan ribuan lapangan pekerjaan tak langsung bagi para Mitra Chilibeli di Indonesia.

Ronde pendanaan ini secara resmi menjadikan Chilibeli sebagai salah satu perusahaan startup seri-A di Asia Tenggara dengan pertumbuhan tercepat.

Kucuran dana segar tersebut dijelaskan Alex akan digunakan Chilibeli untuk memperkuat jaringan komunitas mereka di Jakarta, Tangerang Selatan, dan Depok. Tidak hanya itu, Chilibeli akan meningkatkan UI dan UX aplikasi mereka, sekaligus memajukan fasilitas gudang di Depok.

Akshay Bhushan, Partner, Lightspeed Venture Partners, menyebutkan, kekuatan Chilibeli sebagai platform social commerce datang dari pemberdayaan komunitas lokal kelas ekonomi menengah di Indonesia dengan akses ke produk berkualitas dengan harga bersahabat.

“Model bisnis yang dijalankan Chilibeli mendorong kesejahteraan semua pelaku ekonomi dalam ekosistem Chilibeli, yaitu petani, ibu rumah tangga, serta pelaku UKM dalam jaringan komunitas tersebut. Kami bangga dapat bekerja sama dengan tim Chilibeli dalam membangun platform berskala lanjutan untuk Indonesia dan kawasan Asia Tenggara,” tutur Akshay Bhushan.

Adapun deretan investor yang tergabung dalam pendanaan yang dipimpin oleh Lightspeed Ventures ini, terdiri dari Golden Gate Ventures, Surge (program peningkatan skala dari Sequoia Capital India), Kinesys Group, serta Alto Partners.

MARKETEERS X








To Top