Government & Public Services

Bone Bolango Bangun Angka Harapan Hidup Demi Kemajuan Daerah

Bupati Bone Bolango Hamim Pou

Di bawah komando Hamim Pou sebagai Bupati, upaya membenahi kesehatan masyarakat di Bone Bolango mulai membuahkan hasil. Bahkan, apa yang dilakukan Hamim dan jajarannya berbuah penghargaan Innovation Network of Asia (INA) Entrepreneur Award 2018 di kategori Kesehatan kelas Kabupaten.

Penghargaan ini sendiri pun senada dengan misi Presiden Joko Widodo yang pernah disampaikan di depan kepala daerah dari kabupaten di seluruh Indonesia. Joko Widodo secara tidak langsung menegaskan bahwa kepala daerah mesti menjadi pemasar dan entrepreneur.

Arahan Jokowi tersebut kemudian mendorong lahirnya program apresiasi kepala daerah dari tiga aspek tadi, yang digunakan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan mulai dari kemiskinan, layanan kesehatan, layanan pendidikan, pariwisata, perdagangan, sampai peningkatan investasi.

“Layanan di sektor kesehatan di Kabupaten Bone Bolango dari tahun ke tahun sudah semakin baik dan mengalami peningkatan. Berbagai persoalan pun harus kami kurangi, seperti masih tingginya tingkat kematian ibu dan anak,” ujar Bupati Bone Bolango Hamim Pou.

Menjawab persoalan tersebut, Pemerintah Kabupaten Bone Bolango pun memiliki program Mutiara Berlian yang sudah berdiri sejak tahun 2016. Menurutnya, lewat inovasi Mutiara Berlian ini, semua ibu hamil dipantau dari usia kehamilan 0 bulan sampai melahirkan.

Ini adalah gerakan massal. Pemantauan ini bukan hanya dilakukan oleh Dinas Kesehatan, tapi oleh seluruh lintas sektor, mulai dari Kepala Dusun, Kepala Desa, dan Camat itu bekerjasama bagaimana caranya ibu hamil itu dipantau terus. Inovasi lainnya yang telah mendukung penurunan angka kematian ibu di Bonebol adalah inovasi Ijab Qabul, kemudian inovasi infaq 1.000.

Bukan hanya itu, berkat dukungan pemerintah, pemkab Bone Bolango juga terus melakukan pembangunan, perbaikan, dan penyediaan fasilitas-fasilitas kesehatan yang ada di Rumah Sakit dan puskesmas-puskesmas di wilayah Kabupaten Bone Bolango. Meski begitu, Hamim masih mengeluhkan kurangnya tenaga medis yang bekerja di wilayah Bone Bolango. Tentu, semua upaya akan dikerahkan demi kemakmuran masyarakat dan kemajuan daerah.

Editor: Sigit Kurniawan








To Top