Resource & Energy

BP-AKR Targetkan Bangun 350 SPBU dalam Satu Dekade

Photo Credits: 123rf

Perusahaan joint-venture antara BP dan PT AKR Corporindo Tbk, BP AKR Fuels Retail (BP-AKR) kian mengukuhkan kehadiran mereka di pasar bahan bakar Indonesia. Joint-venture ini menargetkan membangun 350 unit SPBU di Indonesia selama satu dekade ke depan.

Tak terpusat di wilayah urban, BP-AKR berencana mengembangkan pembangunan SPBU di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar) di Indonesia.

Resmi beroperasi sejak April 2017, BP-AKR kini telah mengoperasikan 13 SPBU di kawasan Jabodetabek dan Surabaya. Sebanyak 15 juta liter bensin telah dioperasikan hingga November 2019.

“Selama satu tahun beroperasi di Indonesia, kami telah membuka 13 SPBU di Jakarta dan Surabaya. Ke depan, kami berencana untuk membuka lebih banyak lagi SPBU BP-AKR,” ujar Peter Molloy, President Director BP-AKR di Jakarta, Jumat (27/12/2019).

Memiliki komitmen mengurangi emisi karbon di seluruh jaringan SPBU mereka, BP-AKR menghadirkan program BP Target Neutral (BPTN).

“Setiap emisi karbon yang tidak dapat dikurangi langsung pada saat ini diimbangi. Sehingga, membuat lokasi pom bensin menjadi netral karbon dan menjadikan emisi karbon bersihnya menjadi nol,” terang Peter.

BPTN mendukung gagasan ini dengan membeli penyeimbang karbon dari proyek-proyek di seluruh dunia, seperti program biodigester di Indonesia yang mengurangi emisi secara berarti. Selain itu, program BPTN juga berkontribusi untuk meningkatkan kehidupan jutaan orang melalui akses yang lebih baik ke energi, kesehatan, pendidikan, dan pekerjaan. BP-AKR pun menghadirkan inovasi bahan bakar dengan teknologi ACTIVE yang mereka klaim dapat membantu melindungi bagian penting dari mesin kendaraan ketika berkendara.

Molekul yang ada pada teknologi ACTIVE diklaim Peter mengalir bersamaan dengan bahan bakar dan melekat pada permukaan katup masuk sehingga membentuk sebuah lapisan pelindung. Hal tersebut membantu menghentikan kotoran melekat pada permukaan logam, sehingga dapat membantu melindungi dari kotoran dan menjaga mesin kendaraan tetap bersih.

Salah satu strategi ritel BP-AKR lain adalah menghadirkan one stop service di SPBU. Hal ini diupayakan dengan bermitra bersama sejumlah pebisnis lokal, mulai dari Alfamart, Castrol Bike Point (dioperasikan oleh SiTepat), Kopi Kenangan, Martabak Orins, dan Toko Kopi Tuku.

BP-AKR juga bergabung dengan program Alfagift, sebuah program loyalitas multi-mitra yang memungkinkan konsumen memperoleh dan menebus poin mereka di berbagai outlet ritel. Guna menjaga loyalitas konsumen, BP-AKR dan Alfamart memberikan 100 poin Alfagift untuk setiap pembelian satu liter bahan bakar BP.

Tidak hanya itu, bentuk promosi lain dilakukan dalam rangka perayaan ulang tahun pertama BP-AKR. Selama periode 25 November 2019-11 Januari 2020, para pelanggan dapat mengumpulkan 10 cap yang dapat ditukarkan dengan satu kesempatan mengambil undian hadiah gratis.

Dengan bergam strategi tersebut, BP-AKR optimistis mewujudkan pembangunan 350 unit SPBU di Indonesia selama satu dekade ke depan.

MARKETEERS X








To Top