Government & Public Services

BPJS Kesehatan Beri Edukasi Kader JKN Sistem Autodebit Mobile Cash

Ilustrasi: 123RF

Bagi BPJS Kesehatan, Kader JKN adalah mitra dan kepanjangan tangan mereka dalam memberikan informasi kepada masyarakat mengenai Program JKN-KIS, khususnya dalam bidang penagihan atau pengumpulan iuran peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU). Kader JKN memiliki wilayah binaan masing-masing yang mereka kenal. Sehingga, mudah bagi mereka untuk menjangkau peserta di wilayah tersebut.

Hingga saat ini, BPJS Kesehatan, khususnya Cabang Jakarta Barat tengah bekerjasama dengan 21 orang kader JKN. Kader JKN Jakarta Barat memiliki wilayah binaan yang melingkupi 42 kelurahan dan 8 kecamatan.

“Di sini, kami melakukan monitoring dan evaluasi dua kali dalam satu bulan. Kami akan membahas kesulitan yang ada di lapangan, tips dan trik mengatasi permasalahan di lapangan, serta memperbarui informasi-informasi terbaru mengenai Program JKN-KIS,” jelas Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat Novi Adriyani Rosalina dalam siaran resminya.

BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat juga telah memperkenalkan sistem Autodebit Mobile Cash kepada para Kader JKN. Autodebet Mobile Cash ini adalah sistem pembayaran iuran Program JKN-KIS yang dikhususkan bagi Peserta PBPU yang dapat dilakukan baik melalui aplikasi Mobile JKN maupun SMS USSD *141*999# bagi peserta yang tidak memiliki smartphone.

“Pada dasarnya Fitur Autodebit melalui Mobile JKN memberikan kemudahan bagi calon peserta JKN-KIS yang baru mendaftar dan peserta JKN-KIS yang telah terdaftar dan akan mendaftarkan pembayaran iuran melalui Autodebit walaupun belum memiliki rekening bank,” tutup Novi.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X