Consumer Goods

Brand Indonesia Yang Paling Diminati di China

Pada tanggal 12 November 2019 lalu, Alibaba mengumumkan pencapaian Gross Merchandise Value (GMV) sebesar RMB 268,4 miliar  setara US$38,4 miliar atau Rp 536 triliun pada 11.11. Global Shopping Festival 2019. Angka ini meningkat 26% dibandingkan GMV tahun 2018.

Di antara lebih dari 22.000 brand internasional dari 78 negara dan wilayah yang berpartisipasi memeriahkan 11.11 Global Shopping Festival 2019, sejumlah brand Indonesia juga menggunakan 11.11 untuk memperkenalkan produk, membangun merek, dan terhubung dengan konsumen China. Pembelian produk impor dari Indonesia melalui Tmall Global mengalami kenaikan, signifikan dengan pertumbuhan GMV sebesar lebih dari 11x YoY.

Kategori produk terlaris yang diimpor dari Indonesia dan dipasarkan melalui Tmall Global adalah: perawatan rambut, biskuit, makanan instan, ransel, dan bahan-bahan pembuatan kue. Sementara itu, untuk brand Indonesia terlaris yang paling banyak dibeli oleh konsumen China melalui Tmall Global dari sisi GMV adalah Ellips, Indomie, Kara, Gemez, Gery, Richeese. Lalu, ada merek vitamin rambut dari Kino, Ellips, mencapai penjualan 40x lipat di 11.11. dibandingkan penjualan hariannya, bahkan menjadi brand Indonesia paling diminati di 11.11.

Salah satu produk wafer dari brand Tango, dipromosikan Tmall dalam acara Gala dan countdown 11.11 sebagai bagian dari paket Tmall Magic Box yang sold out dalam waktu 2 jam. Minat konsumen akan merek Tango meningkat 115,62% di periode 11.11.

Qian Yi, Deputy General Manager Tmall Global dan General Manager Cross Border Business Lazada Group, yang memimpin program Alibaba Group: Sell to China untuk brand-brand Asia Tenggara, mengatakan bahwa pihaknya     gembira melihat pertumbuhan permintaan terhadap produk-produk Indonesia yang sangat tinggi dan kesuksesan brand seperti Tango dan Ellips. “Ini membuktikan bahwa brand-brand Indonesia juga bisa meraih akselerasi petumbuhan di pasar global, terutama di pasar yang menantang seperti China.”

Tmall Global adalah gerbang utama ke China bagi brand-brand internasional yang ingin memasuki pasar China tanpa harus memiliki operasional fisik di sana. Tmall Global and Lazada baru-baru ini meresmikan model kerja sama yang mana brand pada platform LazMall dapat memperluas jangkauan mereka ke China, melalui proses yang lebih praktis dan dukungan penuh untuk membangun flagship store di Tmall Global.

“Kami berkomitmen untuk mendukung brand-brand Indonesia, supaya mereka bisa memanfaatkan kemudahan perdagangan lintas-negara di era digital ini serta menghadirkan platform untuk menawarkan berbagai produk berkualitas tinggi kepada konsumen China,” tutup Qian Yi.

 

Editor: Eko Adiwaluyo








To Top