Consumer Goods

Cara Isabella Adelia Mengelola Pelanggan

SUMBER: MARKETEERS

Ketika kita berbicara mengenai pemasaran, pelanggan merupakan hal yang paling utama. Tidak hanya mengelola bisnis, mengelola pelanggan pun sama pentingnya untuk mendatangkan keuntungan yang lebih besar bagi sebuah usaha. Tetapi kadang kala, para pengusaha pun masih kesulitan dalam mengelola para pelanggan mereka.

CEO Isabella Adelia Deny Rudiansyah mengatakan pada awalnya ia juga kesulitan dalam menghadapi pelanggan. Namun, seiring berjalannya waktu, saat ini ia telah memiliki satu juta pelanggan setia. Isabella Adelia sendiri merupakan brand lokal asal Bogor yang bergerak di bidang fashion, khususnya sepatu dan tas. Deny pun membagikan tips nya dalam mengelola pelanggan dalam Galang UMKM yang diadakan Senin (07/10/2019).

Respons Cepat

Deny mengatakan salah satu cara terbaik untuk membangun kepercayaan dari pelanggan adalah dengan chat yang baik dan respons cepat. Isabella Adelia merupakan usaha di bidang fesyen, yang mana memiliki banyak pesaing dengan berbagai produk dan harga yang beragam. Karena itu, chat yang baik dan respons yang cepat dapat membuat pelanggan untuk tidak berpindah ke toko lain.

“Tapi, meskipun sudah memberikan respons yang cepat kadang masih saja ada pelanggan yang tidak puas atau berkata kasar kepada customer service kami. Kami pun tetap berusaha mungkin memberikan yang terbaik jika hal itu terjadi,” jelas Deny.

Diskon online

Saat ini pun ada fenomena menarik di mana beberapa perusahaan besar sedang masuk ke dunia online untuk menjual produk mereka. Tapi, yang perlu dicatat bahwa toko online tidak akan menggantikan toko offline, justru mereka melengkapi satu dengan yang lain. Begitu pula yang dilakukan oleh Isabella Adelia. Saat ini, mereka sedang melirik toko offline untuk meningkatkan penjualan. Tetapi ,cara mengelola pelanggan antara toko offline dan online pun berbeda.

Bedanya antara online dan offline itu ada di diskon yang diberikan. Deny mengatakan jika pemberian diskon di toko online terjadi pada waktu-waktu tertentu saja, seperti saat end year sale, diskon lebaran, atau diskon natal. Sedangkan untuk toko online bisa memberikan diskon setiap saat.

Adanya diskon yang diberikan setiap saat ini dapat meningkatkan ulasan dari pelanggan. Ulasan ini akan berperan sebagai advokasi. Artinya, dengan banyaknya ulasan, merek dapat menarik pelanggan baru untuk membeli produk dan meningkatkan penjualan.

Pelanggan adalah teman

Cara terakhir yang dilakukan oleh Isabella Adelia dalam mengelola pelanggan adalah dengan pemberian apresiasi dan ucapan terima kasih pada setiap kali pembelian. Cara ini, menurut Deny, dilakukan untuk meingkatkan ulasan produk mereka.

Selain pemberian ucapan tersebut di setiap pembelian, Isabella Adelia juga memberikan voucer diskon kepada pelanggan yang membatalkan transaksi mereka. Deny mengatakan dengan kedua cara tersebut, pelanggan dapat merasa nyaman untuk kembali melakukan transaksi.

Editor: Sigit Kurniawan








To Top