Finance

Cara Permata Bank Dukung Perempuan Lewat Pendidikan

Sumber: Permata Bank

PermataBank melalui PermataHati, program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan kembali menggelar forum edukasi untuk kualitas kehidupan san pendidikan masyarakat Indonesia. Lewat Unite for Education (UFE) Sustainability Forum ke-9 di Jakarta, Kamis (lupa tanggal), Permata Bank mengusung tema Perempuan Pemcipta Perubahan untuk menekankan kembali peran penting perempuan sebagai penggerak ekonomi Indonesia. Hal ini sejalan dengan fokus Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk meningkatkan literasi keuangan bagi kaum perempuan.

“Sesuai dengan visi kami untuk menjadi bank pilihan bagi para stakeholders maka program UFE ini merupakan perwujudan atas komitmen kami untuk mengembangkan ekosistem pendidikan sebagai bentuk tanggung jawab sosial PermataBank yang berkelanjutan. Dengan program ini juga kami berharap dapat mendorong peningkatan kualitas pendidikan khususnya bagi perempuan, anak muda, serta penyandang disabilitas di Indonesia,” ujar Direktur Utama PermataBank Ridha D.M. Wirakusumah.

Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2017 menunjukkan bahwa persentase penduduk laki-laki dan perempuan Indonesia hampir berimbang, yakni laki-laki sebesar 50,24% dan perempuan sebesar 49,76%. Namun, kondisi itu bertolak belakang dengan jumlah laki-laki dan perempuan yang aktif dalam perekonomian. Apalagi Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia mencatat hingga 2017 jumlah pengusaha perempuan di Indonesia mencapai 14,3 juta orang. Jumlahnya bertambah 1,63 juta orang dibandingkan tahun 2015 yang tercatat hanya 12,7 juta orang. Ketidakseimbangan ini juga terjadi pada kaum disabilitas yang masih memiliki keterbatasan kesempatan kerja.

Dalam UFE Sustainability Forum, Permata Bank menghadirkan format acara yang terbagi dalam empat sub-acara. Di antaranya Conference Sessions, Master Classes, Collaboration Mini Stage, dan  Community Expo. Dalam keempat sub-acara ini, Permata Bank menghadirkan pembicara seperti Andi Taufan Garuda Putra (Founder Amartha(, Angkie Yudistia (CEO Thisable), dan Nurhayati Subakat (CEO Wardah Cosmetics). Sementara itu, Collaboration Mini Stage memberikan kesempatan komunitas untuk menyampaikan ide, pengalaman, dan pengetahuan yang menginspirasi perempuan.

“Dengan adanya UFE Sustainability Forum ini Permata Bank sekalgus memberikan wadah diskusi sekaligus kanal bagi para perempuan untuk belajar. Kami paham bahwa pendidikan merupakan hal fundamental bagi setiap individu. Kami harap, dengan adanya ajang edukasi tahunan ini, Permata Bank juga ikut serta menjadi platform untuk berbagi dan belajar, menginspirasi dan terinspirasi dalam lingkungan yang menyenangkan,” tutup Richele Maramis, Head Corporate Affairs PermataBank.

Editor: Sigit Kurniawan








To Top