Technology

Cara Unik GoFood Promosikan Kuliner Lokal ke Pasar Dunia

Sumber: Gojek

Layanan pesan antar makanan GoFood berkolaborasi dengan Discovery Asia-Pasifik dalam misi mempromosikan ragam kuliner nusantara ke panggung internasional. Kolaborasi multi-stakeholder ini hadir dengan penayangan program #PetualanganKuliner di platform GoFood dan kanal resmi khusus kuliner milik Discovery.

Program ini dijelaskan oleh Ainul Yaqin, Group Chief Marketing Officer Gojek adalah sejalan dengan upaya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk membawa kuliner Indonesia ke kancah internasional. Program ini sekaligus untuk meningkatkan kemampuan pelaku UMKM terutama di bidang kuliner untuk dapat naik kelas dan memperluas pasar.

“Kami percaya keunikan kuliner Indonesia merupakan salah satu daya tarik bagi wisatawan internasional. Apalagi, kuliner khas Indonesia beberapa kali masuk dalam daftar kuliner paling enak di dunia. Lewat inovasi kolaborasi ini, GoFood berkontribusi untuk meningkatkan industri pariwisata, khususnya wisata kuliner di Indonesia,” ujar Ainul di Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Program #PetualanganKuliner akan melibatkan pelaku-pelaku UMKM yang tergabung dalam platform GoFood. Para mitra yang sudah terkurasi berdasarkan jenis menu dan performa pelayanan akan disertakan dalam laman khusus di platform GoFood dan Discovery. Program #PetualanganKuliner juga ditujukan untuk memudahkan pengguna kedua platform untuk dapat menemukan keragaman dan keaslian makanan Indonesia lebih mudah. Masih termasuk dalam kerja sama, Discovery juga akan menyediakan konten makanan baru untuk fitur rekomendasi dalam layanan GoFood.

Dalam lama #PetualanganKuliner, pengguna GoFood dan Discovery akan menemukan berbagai kuliner dari Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Medan, Makassar, Bali, dan Palembang.

Untuk memperkuat pesan perkenalan kuliner nusantara,  GoFood juga menggandeng food vlogger Magdalena untuk membuat konten berupa video mencoba kuliner andalan tiap dareah di Indonesia. GoFood juga mengajak food vlogger lainnya, Carlos yang bercerita tentang kesuksesan pelaku usaha kuliner di Indonesia.

“Wisata belanja dan kuliner merupakan salah satu wisata yang memberikan kontribusi cukup besar terhadap perekonomian. KEdua wisata tersebut menjadi salah satu penggerak perekonomian nasional. Program ini bentuk dari dorongan proaktif untuk meningkatkan promosi kuliner di Indonesia,” tutup Rizki Handayani Mustafa, Deputi Bidang Pengembangan pemasaran I, Kemenparekraf.

Editor: Sigit Kurniawan

 








To Top