Lifestyle & Entertainment

Cari Bibit Bintang Baru, NBA Gunakan Teknologi Digital

National Basketball Association (NBA) berkerja sama dengan NEX Team Inc. NEX Team inc. adalah perusahan penyedia artificial intelligence untuk perangkat mobile dan pengembang HomeCourt, aplikasi pelatihan basket yang didukung teknologi machine learning, dan computer vision yang dapat membuka potensi setiap pemain basket.

Kerja sama ini akan memanfaatkan teknologi HomeCourt dalam menumbuhkan potensi pemain basket di semua tingkatan keterampilan. Dengan HomeCourt, NBA kini memiliki kesempatan untuk mencari dan menemukan bakat basket secara global.

Dilengkapi dengan berbagai latihan, pertandingan, dan tantangan, para pemain dari berbagai usia maupun tingkatan keterampilan dapat berkompetisi dalam berbagai tantangan NBA, serta berbagi informasi tentang kemajuan atau perkembangan mereka dengan komunitas bola basket dunia lewat aplikasi HomeCourt. HomeCourt menawarkan tiga tantangan NBA, termasuk kontes melakukan tembakan, mengontrol bola, dan achievement badge.

“Tim dan pemain NBA menilai HomeCourt sebagai platform penting dan mereka yakin bahwa platform itu dapat mengembangkan potensi para pemain di berbagai tingkatan,” ujar Amy Brooks, Presiden, Tim Pemasaran & Operasi Bisnis dan Chief Innovation Officer NBA.

Bintang NBA Steve Nash yang pernah bergabung dengan Dallas Mavericks , mengutarakan bahwa bagi pemain basket perlu  memiliki panduan latihan dan pengetahuan basket dalam mengembangkan permainan basket secara menyeluruh. “Awalnya, ketika kami sebagai investor atlet masih dalam tahap mempelajari program ini, kami sempat mempertanyakan apa yang dapat kami lakukan dengan teknologi ini, dan kini kami sangat bersemangat untuk mendorong pemain basket muda untuk menggali potensi mereka dalam mewujudkan cita-cita mereka untuk menjadi pemain bintang dengan HomeCourt,” ujar Nash.

Diluncurkan pada Juli 2018, HomeCourt menghitung ketepatan tembakan, kemajuan pemain dari waktu ke waktu, hingga matriks kinerja, seperti, kecepatan, lompatan vertikal, waktu sejak menangkap bola hingga melempar bola (release time) dan kontrol bola (ball handling).

Editor: Sigit Kurniawan

 








To Top