Lifestyle & Entertainment

Cari Talenta Desainer, Wardah Konsisten Gelar Kompetisi

Sumber: Wardah

Aktif mendukung perkembangan industri mode di Indonesia melalui Wardah Fashion Journey, merek produk dekorasi wajah bersertifikasi halal Wardah kembali menggelar Wardah Inspiring Young Designer Competition 2019 di ajang Jakarta Fashion Week 2020, Minggu (27/10/2019) .

Sejak digelar pada tahun 2016, Wardah konsisten menyelenggarakan kompetisi inti dalam ajang pencarian desainer muda di Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wadah kreativitas dan pengembangan kepada generasi muda yang memiliki minat dan bakat terhadap mode.

“Kegiatan WIYDC mendapatkan respons positif dan antusiasme yang tinggi. Terbukti dengan lebih dari 360 sketsa desain yang terkumpul dari berbagai kota di Indonesia. Sebagai merek kosmetik, salah satu fokus pilar kami adalah berkontribusi mendukkung industri mode, termasuk desainer. Kami ingin ajang ini dapat mengasah kemampuan generasi muda dan meningkatkan kreativitas mereka dalam menciptakan karya mode,” ujar Putri Diah Paramia, Chief Marketing Officer PT Paragon Technology Innovation.

Tahun ini, WIYDC mengusung tema Urban Identity yang terinspirasi dari nilai-nilai dan karakteristik perkotaan. Baik dari sisi lingkungan maupun keseimbangan hidup. Peserta diberi keleluasaan untuk menginterpretasikan tema ini ke dalam koleksi busana modest wear yang sejalan dengan identitas, mobilisasi, dan transformasi perkotaan.

Kompetisi ini resmi digelar pada periode 22 Juli-30 Agustus 2019. Wardah bertandang ke beberapa kampus dan menggelar seminar tentang perkembangan industri mode serta pembekalan mengenai dunia bisnis mode digital. Tidak hanya itu, Wardah juga mengajarkan calon-calon perancang busana ini untuk menjadi fashionpreneur. Dalam rangkaiannya, Wardah bertandang ke empat kota di Indonsia, yaitu Denpasar, Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta.

Dari 360 desain yang masuk, sebanyak delapan finalis terpilih maju ke babak final. Delapan finalis ini kemudian mempresentasikan dua hasil karyanya di atas panggung JFW 2020. Juri yang terlibat antara lain Barli Asmara dan Restu Anggraini, Desainer mode, Bimo Permadi, fashion stylist, Shabrina Salsabila, brand manager Wardah, dan Lazada sebagai Official E-Commerce Partner WIYDC 2019.

Setelah melalui proses seleksi panjang, WIYDC 2019 mengumumkan empat pemenang terpilih. Di antaranya Prafitra Viniani, Sherlyta Puspa Lestari, Amanda Dwi Putri, dan Amelinda Alysia Anette.

“Melalui program WIYDC, kami harap dapat memberikan pengalaman kompetisi bagi peserta dan finalis, menstimulasi desainer muda untuk terus mengasah kemampuan, dan mengeksplorasi diri. Kami harap sepuluh tahun ke depan para finalis dapat menciptakan inovasi dan siap untuk menjadi bagian dari industri mode Indonesia,” tutup Putri Diah.

Editor: Sigit Kurniawan








To Top