Casa Alba Ristorante, Restoran Casual Fine Dining di Pusat Jakarta

profile photo reporter Dyandramitha Alessandrina
DyandramithaAlessandrina
21 Agustus 2022
marketeers article
Casa Alba Ristorante. Foto: Nugraha Satya/Marketeers
Daerah Menteng memiliki beragam restoran unik dan khas, baik itu untuk makan berat atau sekadar nongkrong. Salah satu restoran yang patut dikunjungi adalah Casa Alba Ristorante, restoran otentik Italia yang bernaung di bawah Alba Group. 
Restoran itu menawarkan konsep yang fokus ke casual fine dining. Namun, pelanggan yang datang tidak perlu harus dress up. 
“Kami menyebut casual fine dining karena semua orang dapat datang ke sini dengan pakaian santai, namun tetap proper. Apalagi, daerah Menteng juga dikelilingi oleh perumahan. Jadi, yang datang tanpa rencana dengan pakaian santai,” kata Alvian Maulana, PR Manager Casa Alba Ristorante.
Restoran itu memiliki satu lantai yang dilengkapi dengan smoking area, bar, open kitchen, hingga 2 VIP room berkapasitas 10-12 orang. Dua room ini saat digabungkan bisa memuat 20-25 orang. Smoking area ada di indoor, tapi dilengkapi air filter agar sirkulasi udara di area tersebut tetap bersih.
Smoking area berbeda dengan restoran lain pada umumnya. Areanya di indoor dibatasi dengan kaca sehingga terlihat dari luar. Jadi, banyak cahaya yang masuk, namun masih dingin dengan adanya air conditioner. Menurut kami, smoking area  merupakan the coolest smoking area di restoran yang ada di Jakarta,” ujar Alvian.
Selain itu, ada oven besar untuk pizza yang terbuat dari lava rock yang bisa dilihat pengunjung karena letaknya di luar area kitchen. Pengunjung dapat melihat proses pembuatan pizza
Untuk bar, Casa Alba Ristorante dilengkapi dengan menu alkohol, seperti wine yang cukup lengkap, cocktails yang unik dengan racikan rahasia dan telah diakurasi oleh Michele Carbotti, orang Italia yang memiliki kualifikasi sebagai sommelier. 
Tidak lengkap menikmati wine atau cocktails tanpa dipasangkan dengan menu-menu otentik Italia. Menu-menu yang ada di restoran ini dimasak oleh Chef Andreas Felipe Gaibor yang memiliki pengalaman di berbagai restoran Michelin di Spanyol dan memiliki keahlian dalam masakan Italia. 
Lalu, ada Chef Patron Roberto Fiorini, orang asli Italia yang sudah 20 tahun menekuni dunia kuliner. Hidangan pembuka yang direkomendasikan dari restoran ini adalah Carpaccio, yaitu daging carpaccio yang di serve tipis dengan aroma truffle dan diberikan ice cream parmesan di atasnya. 
Ada pula menu wagyu yang di-serve dengan flatbread dan grilled wagyu skewer. Menu rekomendasi lainnya adalah pasta. 
Varian pasta yang favorit adalah Black Ink Squid Spaghetti yang dilengkapi dengan cuttlefish, squid, dan di-serve dengan warna hitam dari tinta cumi. 
Ada pula Agnolotti Del Pin yang bentuknya seperti dimsum dan dihidangkan bersama black truffle. Selain pasta, menu wajib yang harus dicicipi di restoran Italia adalah pizza yang autentik. 
Menu pizza favorit dari Casa Alba Ristorante adalah Formaggi, pizza dengan empat tipe keju dan dihidangkan bersama truffle oil. Ada pula Prosciutto E Brie, hingga menu pizza vegetarian, yaitu Funghi yang berisikan jamur dan terong goreng.
Selain itu, Casa Alba Ristorante juga memiliki signature cocktails, yakni Enigma hingga Torch Ginger. Untuk Torch Ginger cukup unik karena memakai infused kecombrang di dalamnya sehingga rasanya segar dan hangat. 
Ada pula menu unik lainnya, yakni S&C, yang saat disajikan akan mengeluarkan asap dengan rasa pahit dan manis. Casa Alba Ristorante menyasar mature people dengan usia 40-60 tahunan yang membawa keluarga. Akan tetapi, semua orang juga cocok untuk datang ke sini. 
“Kami juga menyediakan menu kopi yang biji kopinya diambil langsung dari Sisilia, Italia yang bisa dinikmati semua kalangan. Bahkan, cocok untuk work from café karena kami juga menyediakan banyak tempat charger,” ucap Alvian.
Editor: Ranto Rajagukguk

Related