Lifestyle

Cegah Risiko Kanker, Lima Langkah Dapatkan Vitamin D Alami

Sumber: 123rf

Berdasarkan hasil dari beberapa tim penelitian, vitamin D diketahui dapat mengurangi risiko kematian yang disebabkan oleh kanker. Gaya hidup modern diyakini meningkatkan risiko mengidap kanker. Contohnya, banyak orang kini kurang mendapatkan cahaya matahari karena bekerja di dalam ruangan. Mendapatkan cahaya matahari yang cukup serta mengonsumsi suplemen vitamin D dipercaya mampu menyelamatkan banyak nyawa.

Mengutip Telegraph, hasil riset dari Rumah Sakit Universitas Madrid menunjukkan bahwa sebanyak 38% angka kematian dari pengidap kanker prostat menurun setelah mengonsumsi obat yang dianjurkan bersamaan dengan vitamin D. Sedangkan penelitian yang melibatkan lebih dari 80 ribu orang dewasa yang dilakukan oleh Universitas Michigan dengan memberikan suplemen vitamin D kepada mereka selama tiga tahun memperlihatkan hasil signifikan. Sebesar 13% risiko kanker menurun.

Tidak harus bergantung pada suplemen dari dokter, Anda bisa memperoleh vitamin D secara alami. Berikut lima cara mudah mendapatkan vitamin D untuk menjaga kesehatan tubuh:

1. Mendapatkan Cukup Cahaya Matahari

Pergi ke luar rumah dan berjalan-jalan setidaknya 10 sampai 15 menit. Baiknya dilakukan di pagi hari. Jika dirasa kesiangan, Anda bisa menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit, jangan sampai membuat kulit terlalu kepanasan!

2. Konsumsi Ikan Berminyak

Ikan berminyak yang dimaksud di sini bukan ikan yang digoreng dengan minyak. Tetapi, jenis-jenis ikan yang mengandung minyak alami. Contohnya salmon atau tuna.

3. Konsumsi Kuning Telur

Meski mengonsumsi banyak kuning telur disebut kurang baik. Tetapi, konsumsi dengan jumlah yang cukup dapat membantu Anda mendapatkan kebugaran tubuh. Kuning telur diketahui mengandung vitamin D yang tentunya bagus untuk kesehatan.

4. Konsumsi Daging Merah

Walaupun daging merah juga menjadi salah satu sumber vitamin D. Disarankan bagi Anda untuk mengatur pola makan daging merah. Jumlah yang dianjurkan adalah tidak lebih dari 90 gram atau berukuran separuh lembar roti tawar.

5. Sarapan dengan Sereal

Selain mudah dan praktis, sehingga membantu Anda tidak melewatkan sarapan. Beberapa sereal juga dilengkapi dengan kandungan vitamin D. Namun, Anda tentunya harus teliti kembali sebelum membeli. Periksa kandungan gula dan sebagainya pada kemasan sereal yang akan Anda beli.

Siap mencoba saran di atas? Ingat, mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Editor: Sigit Kurniawan








To Top