Technology

CEO Tokopedia: Boyolali dan Sekitarnya Lebih Penting dari Bangkok

Memasuki usia ke 10, Indonesia, dengan lebih dari 17 ribu pulau, akan terus menjadi fokus utama Tokopedia. Selain berencana menjadi super ecosystem, Tokopedia masih akan terus fokus untuk memperluang jangkauannya di Indonesia.

“Sepuluh tahun ke depan, Tokopedia akan fokus untuk membantu semua orang dan pemilik bisnis di Indonesia untuk menjadi perusahaan teknologi. Artinya, untuk mencapai misi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia, tidak mungkin kita bisa mengubah semua orang untuk menjadi perusahaan e-commerce,” imbuh William Tanuwijaya, CEO Tokopedia.

Baginya, petani, nelayan, pemilik warung, fotografer, pembuat kue, florist, guru les musik dan begitu banyak profesi lainnya di Indonesia melakukan keseluruhan aktivitas dan layanan mereka secara offline. Untuk mewujudkan visi dan misi besar untuk Indonesia, maka Tokopedia harus mampu membangun ekosistem yang menjadi solusi nyata bagi hampir semua profesi yang ada di Indonesia.

“Bagaimana mereka bisa menjadi ‘perusahaan teknologi’ lewat ekosistem Tokopedia, sehingga mereka akan selalu relevan terhadap perubahan zaman,” jelas William.

Tokopedia melalui William menuturkan bahwa inilah yang akan menjadi pekerjaan rumah bersama ke depannya, bagaimana Tokopedia bisa menjadi sebuah Super Ecosystem yang berkontribusi hingga 5% dari ekonomi Indonesia, dan mengangkat kelas seluruh profesi di Indonesia untuk memberikan pengalaman terbaik, baik online maupun offline.

“Bagi kami, Boyolali dan sekitarnya lebih penting dari Bangkok dan sekitarnya. Makassar dan sekitarnya lebih penting dari Manilla dan sekitarnya. Perjalanan masih sangat panjang dan kami baru mulai. Tokopedia harus bisa terus menjadi platform dimana semua orang bisa memulai, platform dimana semua orang dapat memiliki kesempatan yang sama,” tutup William.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X

Most Popular

ALIVE Indonesia







To Top