Retail & Property

Chain Hotel Jepang Siap Ramaikan Industri Perhotelan Dalam Negeri

Pengelola hotel di Jepang, Hotel Management Japan Co. Ltd. (HMJ), melalui anak perusahaannya HMJ International Co., Ltd. (HMJI), memperluas bisnisnya di Indonesia dan Malaysia. Kehadirannya di Indonesia dan Malaysia ini dimulai dengan pendirian PT HMJ International Indonesia (HMJII). HMJII merupakan perusahaan joint venture antara HMJI dan mantan pemegang saham Topotels Investmana Manajement (Topotels).

Langkah awal HMJII di Indonesia adalah dengan membuka hotel dengan merek Amoda yang merupakan hotel bintang empat di Jakarta pada tahun 2022. “Kami sangat bangga mengumumkan kemitraan baru kami dengan Topotels. Kerja sama ini memungkinkan grup HMJ untuk memperluas jangkauan ke luar Jepang dan mencapai tujuan grup menjadi jaringan hotel internasional,” kata Allan Takahashi, Presiden HMJ dan Direktur Perwakilan HMJ International. “Kemitraan baru kami juga akan memberikan peluang bagi para karyawan hotel Topotels untuk bekerja dan berlatih di beberapa hotel HMJ di Jepang dan sebaliknya.”

Kemitraan ini diharapkan akan menambah 19 hotel baru dengan total 3.600 kamar di Indonesia dan Malaysia ke portofolio hotel grup HMJ. Selain itu, kerja sama ini juga menciptakan jaringan delapan hotel dengan sekitar 750 kamar di Indonesia.

“Sesuai dengan visi dan misi kami untuk menjadi yang terdepan dalam industri perhotelan di Indonesia, Topotels Hotels & Resorts akan selalu berkomitmen memperluas jaringan dan mengedepankan kualitas. Ini merupakan peluang emas untuk memperluas kehadiran kami di mata para tamu domestik dan internasional serta memberikan dampak positif bagi platform operasional dan manajemen hotel kami,” kata Yonto Wongso, CEO & Co-founder Topotels Hotels & Resorts.

HMJI, bersama dengan anak perusahaannya, Hotel Management Japan Co. Ltd. mengoperasikan 20 hotel di seluruh bagian Jepang dengan hampir 6.000 kamar beserta empat hotel baru yang diharapkan untuk dibuka tahun 2021. Grup HMJ yang didirikan pada tahun 2005  mempekerjakan sekitar 2.700 pekerja di Jepang dan telah mengembangkan wadah operasional hotelnya dari 13 hotel pada tahun 2018 menjadi 20 portofolio hotel sampai saat ini. HMJI mengelola beberapa nama besar hotel internasional seperti “Oriental,” “Hilton,” “Marriott,” dan “Holiday Inn” di seluruh Jepang.

HMJII berencana untuk memberikan kesempatan kepada karyawan Topotels untuk bekerja di Jepang dan membantu pertumbuhan kelompok HMJ di Jepang selama beberapa tahun ke depan.

Editor: Sigit Kurniawan








To Top