Finance

CIMB Niaga Dorong Pekerja Migran Gunakan Rekening Ponsel

Sumber: CIMB Niaga

PT Bank CIMB Niaga Tbk menggandeng Bank Indonesia dan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) mendorong Pekerja Migran Indonesia (PMI) di luar negeri untuk memanfaatkan layanan remitansi nontunai lewat Rekening Ponsel. Kerja sama ini merupakan kontribusi CIMB Niaga untuk memperluas akses keuangan PMI dan keluarganya, serta meningkatkan keuangan inklusif.

“CIMB Niaga memfasilitasi layanan remitansi nontunai dengan mengoptimalkan keunggulan produk perbankan digital Rekening Ponsel. Dengan sinergi dengan SpeedSend, yaitu layanan remitansi dari CIMB Islamic Bank Malaysia. Saat ini, layanan tersebut dapat digunakan oleh PMI yang bekerja di Malaysia, Thailand, Jepang, dan Australia,” kata Rusly Johannes, Chief of Corporate Banking, Financial Institution, Transaction Banking CIMB Niaga lewat pernyataan resmi kepada Marketeers, Selasa (09/07/2019).

Rusly menjelaskan, PMI dapat mengirimkan dana kepada keluarganya di Indonesia meskipun tidak memiliki rekening bank. Hal ini dikarenakan rekening ponsel yang hanya membutuhkan nomor ponsel sebagai nomor rekening tujuan. Sementara itu, PMI yang ingin memanfaatkan remitansi lewat rekening ponsel dapat mendatangi agen-agen SpeedSend yang tersebar di negara tempat bekerja. Dana yang masuk ke rekening ponsel tujuan dapat digunakan untuk transaksi baik tunai maupun nontunai.

“Keluarga PMI juga bisa menjadikan Rekening Ponsel sebagai tabungan untuk menyimpan dana remitansi. Fungsinya sama saja dengan rekening bank yang biasa digunakan mayarakat,” pungkas Rusly.

Editor: Sigit Kurniawan

 








To Top