Finance

CIMB Niaga Tanamkan Literasi Keuangan Pada Anak Usia Sekolah

Sumber: CIMB Niaga

Literasi keuangan masyarakat masih menjadi fokus pemerintah di sektor keuangan. Harapannya, semakin banyak masyarakat yang pandai dan mengenal beragam instrumen keuangan, khususnya dari kalangan anak muda. Semakin muda usia masyarakat yang paham, semakin baik pula masa depan industri ini. Inilah yang mendorong Bank CIMB Niaga untuk menjalankan program “Ayo Menabung dan Berbagi (AMDB)”.

Sepanjang tahun 2019, program AMDB dari Bank CIMB Niaga berhasil mendorong peningkatan literasi keuangan siswa tingkat SD, SMP, dan SMA di seluruh Indonesia. Pada tahun yang sama, program ini diikuti 5.217 siswa dari 38 sekolah di 10 kota. Di antaranya adalah Pontianak, Banyuwangi, Yogyakarta, Pekanbaru, Semarang, Purwakarta, Ambon, Kendari, Denpasar, dan Palangkaraya.

“Lewat program ini, kami mengajarkan kepada siswa tingkat sekolah mengenai pentingnya kecerdasan finansial bagi generasi muda. Salah satunya dengan mengajarkan mereka untuk memahami manfaat menabung sejak dini,” kata Fransiska Oei, Direktur Compliance, Corporate Affairs, dan Legal CIMB Niaga di Jakarta, Kamis (23/01/2020).

Dalam praktiknya, program AMDB juga memberikan edukasi kewirausahaan melalui Junior Enterpreneurship Short Class dan Junior Entrepreneur Competition bagi siswa SMA/SMK. Kompetisi ini memberikan apresiasi kepada pemenang dengan ide wirausaha terbaik sebanyak Rp 50 juta.

Pada aspek berbagi, program AMDB mendidik anak-anak usia sekolah untuk meningkatkan kepekaan sosial dan lingkungan. Hal ini dilakukan dengan pengumpulan donasi secara tunai maupun lewat penjualan sampah botol plastik. Dalam laporannya, program AMDB berhasil menghimpun dana hingga Rp 307, 8 juta.

“Tahun 2019, program AMDB menunjukkan hasil yang luar biasa baik untuk anak-anak, lingkungan, dan internal CIMB Niaga. Tahun ini, kami merencanakan pelaksanaan AMDB yang lebih inovatif dan semakin luas capaiannya,” lanjut Fransiska.

Pada tahun 2020, AMDB akan dilaksanaan di 11 kota di Indonesia sekaligus menjadi bagian dari rangkaian perayaan 65 tahun CIMB Niaga. Sesuai dengan kondisi industri keuangan yang semakin digital, kegiatan ini akan difokuskan pada pengenalan digital banking. Secara keseluruhan, program AMDB yang telah terlaksana selama sembilan tahun terakhir berhasil mengedukasi 43.238 siswa mengenai pengetahuan finansial di seluruh Indonesia.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

MARKETEERS X








To Top