Lifestyle

CO-CEO Jouska: Semua Orang Harus Bisa Mengatur Keuangan

Sumber: Jouska

Terkadang manusia butuh pihak ketiga untuk memberikan referensi dalam pengambilan keputusan. Hal tersebut menjadi salah satu hal yang mendasari kehadiran Jouska sebagai konsultan keuangan independen. Jouska ingin menjadi eksekutor untuk mengakhiri permasalahan finansial para kliennya.

Dari waktu ke waktu, perencanaan keuangan tidak banyak berubah. Tak ada batas usia untuk pengelolaan finansial. “Semua orang harus bisa mengatur keuangan,” tegas CO-CEO Jouska Farah Dini Novita pada acara peluncuran program GOJEK di Jakarta, Jumat (05/04/19).

Farah menjelaskan bahwa ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam perencanaan keuangan demi  mendapatkan kestabilan finansial pribadi. Berikut merupakan aspek yang perlu diperhatikan untuk mengatur keuangan Anda:

1. Dana Cadangan

Apa itu dana cadangan? Farah mengungkapkan dana cadangan merupakan uang yang ada di tabungan dan deposito. Uang tersebut menjadi simpanan darurat yang sewaktu-waktu dapat digunakan. Mempersiapkan kemungkinan terburuk, jika tidak mendapat penghasilan dalam beberapa waktu, seberapa lama Anda bisa bertahan?

“Kalau tidak punya dana cadangan untuk beberapa bulan setelah tak mendapatkan penghasilan, maka pilihan yang diambil adalah berutang atau menjual aset. Saat menjual aset yang dimiliki, karena kebutuhan mendesak, nantinya akan merugi. Karena bisa jadi melepas aset itu dengan harga jauh lebih rendah dari harga beli,” ujar Farah.

2. Pentingnya Asuransi Jiwa

Ketika Anda sudah punya penghasilan kemudian memiliki tanggungan, asuransi jiwa menjadi salah satu hal yang penting. Jika terjadi sesuatu pada Anda, siapa yang akan menerima dampaknya secara finansial? Jika ada, maka Anda perlu mempersiapkan asuransi jiwa.

3. Manajemen Utang

Pastikan Anda berutang dengan sehat. Anda harus berutang produktif yang berarti jika Anda berutang untuk aset, maka aset tersebut haruslah memiliki peningkatan nilai sejalan dengan pembayaran yang kita lakukan.

Tiga tips tersebut tampak sederhana, tapi tidak mudah dilakukan. Namun, menjadi lebih siap untuk masa depan Anda tentu sangat penting. Sudahkan Anda menata keuangan dengan baik?

 

Editor: Eko Adiwaluyo








To Top