Dana Belanja Iklan Kementerian Kesehatan Kalahkan Pantene

profile photo reporter Muhammad Perkasa Al Hafiz
MuhammadPerkasa Al Hafiz
31 Oktober 2018
marketeers article
Laporan monitoring iklan televisi  bertajuk Adstensity yang dikeluarkan oleh PT SIGI Kaca Pariwara menemukan satu hal yang unik. Laporan tersebut menunjukkan dominasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) soal belanja iklan. Kemenkes menjadi lembaga pemerintahan yang memiliki dana belanja iklan TV tertinggi mengalahkan tiga merek personal care pada periode kuartal III 2018.
Kepada Marketeers, Adstensity melaporkan bahwa pemantauan ini berdasarkan rekaman semua iklan televisi di 13 stasiun tv nasional yakni RCTI, SCTV, Indosiar, MNC TV, TransTV, Trans7, Global TV, MetroTV, TVOne, ANTV, Kompas TV, Net TV, dan TVRI.
Adstensity mencatat volume iklan dan harga iklan sesuai dengan data yang dipublikasikan (publish rate), sehingga nilai yang tercatat adalah nilai bruto.
Di dalam laporan tersebut, dikatakan bahwa Kemenkes dari sektor pemerintahan merupakan brand yang mengeluarkan dana belanja iklan terbanyak pada kuartal III 2018, mencapai Rp 563,85 miliar.
Angka ini mengalami peningkatan jauh jika dibandingkan belanja iklan pada kuartal III 2017 sebesar Rp 401,89 miliar. Pada posisi kedua ada Pantene dari industri personal care yang mengeluarkan dana belanja iklan sebesar Rp 421,55 miliar. Di bawahnya terdapat brand susu SGM dan kosmetik Wardah.
 
Editor: Eko Adiwaluyo

Related