Technology

DANA Digitalkan Kawasan Malioboro

SUMBER: DANA

Masyarakat berada di Yogyakarta dan berkunjung ke Pasar Beringharjo kini dapat menikmati layanan pembayaran digital melalui DANA. Memanfaatkan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS), pengunjung bisa bertransaksi nontunai di pasar tertua dan terbesar Yogyakarta tersebut. Selain itu, pengguna DANA juga bisa menikmati transportasi tradisional andong di sekitar kawasan Malioboro menggunakan pembayaran yang sama.

Chief Innovation Officer DANA Darrick Rochili menjelaskan bahwa dua kawasan ini merupakan tempat yang sarat budaya namun juga aktif dalam kegiatan perekonomian. Tidak sedikit dari masyarakat yang berkunjung ke tempat-tempat itu sudah melek akan digital. Karenanya, menghadirkan metode pembayaran nontunai dapat memberikan kenyamanan serta kemudahan bagi pengunjung.

“Kehadiran DANA bisa menjadi momentum untuk memperkenalkan keunggulan transaksi nontunai. Sekaligus, memberikan edukasi melalui pengalaman langsung bahwa ekonomi digital berpotensi besar dalam meningkatkan produktivitas serta kompetensi pelaku ekonomi di semua sektor dan segmentasi,” ujar Darrick.

Saat ini, masyarakat tidak hanya bisa menggunakan dompet digital DANA di merchant-merchant yang telah menjadi mitra DANA. Tetapi, mereka bisa melakukan pembayaran untuk semua merchant yang telah mendukung QRIS. DANA sendiri sudah menerapkan standarisasi QRIS di setiap mitra merchant-nya.

CEO DANA Vincent Iswara mengungkapkan optimistisme dengan penerapan QRIS. Sistem ini diyakini dapat berdampak positif bagi percepatan inklusi keuangan digital serta budaya transaksi nontunai di Indonesia. “QRIS sebagai Kode QR standar nasional yang ditetapkan oleh Bank Indonesia sehingga Indonesia hanya membutuhkan satu QR untuk semua pembayaran,” kata Vincent.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

MARKETEERS X








To Top