Consumer Goods

Danone-AQUA Dorong Pelajar Bijak Kelola Sampah

Sumber: Danone-AQUA

Isu sampah plastik tengah menjadi perhatian banyak pihak, tidak hanya dari komunitas pecinta lingkungan, tapi berbagai perusahaan, terutama sektor consumer goods yang benyak menggunakan plastik sebagai packaging. Selasar dengan One Planet, One Health, Danone-AQUA ikut berpartisipasi aktif dalam upaya penyelesaian masalah sampah plastik di Indonesia.

Salah satu perwujudan upaya ini adalah dengan peluncurkan buku panduan pengelolaan sampah untuk guru dan siswa sekolah dasar. Buku panduan ini disusun dengan kerja sama antara Danone-AQUA dan Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Universitas Indonesia, dan Yayasan Lentera Anak.

Buku bertajuk Kelola Sampah Sejak Dini untuk Indonesia yang Lebih Bersih merupakan kelanjutan dari Gerakan #BijakBerplastik AQUA. Gerakan ini menjadi bentuk tanggung jawab AQUA dalam mengelola sampah plastik, salah satunya dalam bentuk edukasi publik mengenai pentingngan 3R.

“#BijakBerplastik merupakan bagian dari upaya keberlanjutan AQUA yang menekankan kolaborasi multipihak untuk memberikan dampak positif pada alam di masa sekarang dan masa depan. Peluncuran buku ini jadi cara AQUA untuk selangkah lebih dekat dengan target kami untuk menyebarkan edukasi ini kepada 100 juta orang pada 2025,” jelas Corine Tap, Presiden Direktur Danone-AQUA di Jakarta, Selasa (26/11/2019).

Buku berjudul Sampahku, Tanggung Jawabku diluncurkan ke 75 sekolah di seluruh Indonesia. Buku panduan ini dikemas dengan pendekatan yang kreatif dan memperhatikan konteks lokal. Materi buku mencakup pengetahuan terkait kategorisasi dan pemilahan sampah, pengelolaan sampah yang bertanggung jawab, dan dilengkapi ilustrasi visual dan media pembelajaran yang ramah anak.

 

Editor: Eko Adiwaluyo








To Top