Lifestyle

Delapan Deretan Pantai Menawan di Yogyakarta yang Jarang Orang Ketahui

Ilustrasi: 123RF

Kental akan kesenian dan budaya tidak bisa lepas dari Yogyakarta. Lebih dari itu, Yogyakarta juga menawarkan beberapa spot wisata pantai terbaik yang menjadi buruan para wisatawan domestik maupun mancanegara.

Mungkin sebagian besar dari Anda lebih mengenal Bali sebagai destinasi yang tersohor akan keindahan pantainya. Pemikiran Anda tidaklah salah, namun Anda melihat wisata di jogja yang tidak kalah dalam menyajikan pemandangan pantainya. Berikut daftar pantai terbaik di Yogyakarta yang wajib kamu kunjungi yang kami rangkum dari Traveloka. 

Pantai Nglambor

Pantai Nglambor merupakan salah satu pantai di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta yang terkenal dengan kegiatan snorkeling-nya. Pantai ini memiliki air yang jernih, hingga bisa dengan leluasa melihat batu karang, rumput laut, ikan dengan berbagai warna berkejaran, dan aneka biota penghuni laut lainnya dari permukaan air. Kamu juga bisa melakukan snorkeling dan berenang di pantai ini karena memang lokasi pantainya yang berada di teluk. Tidak hanya wisatawan lokal yang datang, melainkan turis luar negeri juga berwisata ke pantai ini.

Pantai Kesirat 

Pantai Kesirat merupakan pantai dengan barisan tebing berwarna hijau segar. Dari atas tebing, terlihat hamparan panorama birunya air laut serta debur ombak yang eksotis. Selain menawarkan keindahan alam yang sangat memesona. Jangan heran bila kalian melihat beberapa pemancing atau nelayan di kawasan ini, karena tempat ini sangat cocok jika kamu hobi memancing. Di Pantai Kesirat kamu bisa melihat pemandangan matahari terbit maupun terbenam yang sempurna dari sisi pesisir pantai di Yogyakarta.

Pantai Drini

Di Pantai Drini kamu bisa berfoto dengan latar belakang panorama saat matahari terbenam di atas hamparan pantai dan perbukitan. Pantai Drini sendiri merupakan salah satu jalur menuju Puncak Kosakora. Di sini kalian bisa merebahkan diri di atas rerumputan hijau Bukit Kosakora sembari menatap langit lepas yang biru. Tidak hanya itu, kamu juga bisa camping bersama keluarga, teman atau para sahabat. Tempat ini merupakan lokasi yang asik untuk dijadikan camping ketika berlibur di Yogyakarta. 

Pantai Indrayanti 

Pantai Indrayanti sudah difasilitasi secara modern. Pantai ini seperti pantai-pantai di Pulau Bali yang sudah memiliki penginapan dan beranekaragam tempat makan yang menghadap langsung ke bibir pantai. Di Pantai Indrayanti Yogyakarta jarak antara pasir putih dengan ombak dipisahkan oleh karang panjang tempat bersembunyinya ikan-ikan berwarna-warni dan biota laut lainnya.

Pantai Wohkudu

Terletak di Kecamatan Panggang, Gunung Kidul, Pantai Wohkudu memiliki pesona dan keindahan yang berbeda dari pantai-pantai lain di Yogyakarta. Lokasinya yang tersembunyi menjadikan pantai ini sangat cocok bagi kamu yang ingin mencari ketenangan. Karena lokasinya yang sukar dicapai atau minimnya informasi tentang pantai ini yang membuatnya sangat jarang dikunjungi wisatawan. Jalan berliku serta medan yang cukup berat begitu memasuki Kecamatan Panggang membuat kamu butuh usaha ekstra untuk mengunjunginya.

Pantai Jogan

Pantai Jogan berlokasi di sebelah barat Pantai Nglambor, sekitar 70 km dari pusat Kota Yogyakarta. Pantai ini merupakan tempat yang unik, terdapat air terjun yang langsung mengalir ke laut. Air terjun tersebut memiliki ketinggian sekitar 10 meter. Selain itu pantai ini nyaris tidak memiliki pasir pantai sebagai pembatas wilayah antara daratan dan lautan.

Pantai Baron 

Pantai Baron terletak di Kabupaten Gunung Kidul. Pantai Baron diapit dua bukit besar, menjadi tempat pertemuan antara air tawar dari sungai dan air laut. Sayangnya, pengunjung tidak diperbolehkan berenang di pantai Baron. Meski begitu, infrastruktur dan fasilitas di pantai Baron sudah baik. Kalian bisa bersantai dan berfoto dengan kapal nelayan di sini. Tidak usah khawatir jika kamu merasa lapar, kelezatan ikan bakar segar di warung-warung sekitarnya bisa kamu santap. 

Pantai Dadap Ayam

Karena pantai ini terpencil, kamu akan kesulitan menemukan pantai ini di Google Maps. Hanya warga lokal yang sering berkunjung ke pantai ini mengumpulkan tanaman Dadap Ayam untuk digunakan sebagai obat tradisional atau rumput laut yang tumbuh di cekungan batu karang. Berhati-hatilah saat berjalan, karena selain licin juga terdapat permukaan batu yang cukup tajam.

Most Popular








To Top