Automotive

Demi Mobil Otonom, Hyundai Siapkan US$ 1,6 Miliar 

Foto: TechCrunch

Hyundai Motor Group siap menginvestasikan US$ 1,6 miliar dalam usaha gabungan dengan perusahaan auto part Aptiv demi pengembangan teknologi kendaraan otonom. Langkah yang diambil Hyundai sama seperti yang dilakukan oleh BMW dan Daimler. Kedua pabrikan mobil tersebut akan bergabung untuk mengembangkan teknologi mengemudi otomatis.

Dilansir dari reuters.com, Hyundai Motor, KIA Motors, dan Hyundai Mobis secara kolektif akan menyumbang US$ 1,6 miliar dalam bentuk tunai dan US$ 400 juta dalam sumber daya penelitian serta pengembangan dan lain-lain.

Dari kerja sama ini, Aptiv akan memiliki 50% dari usaha gabungan dan akan berkontribusi pada teknologi mobil otonom, kekayaan inelektual, dan 700 karyawan yang berfokus pada pengembangan yang dapat diskalakan. Aptiv baru akan menguji sistem otonomnya pada tahun 2020. Selain itu perusahaan tersebut dikabarkan juga memiliki platform siap produksi untuk penyedia robotaxi pada tahun 2022.

Investasi yang dilakukan Hyundai termasuk yang terbesar bagi produsen mobil asal Negeri Gingseng. Hal tersebut wajar dilakukan mengingat Hyundai tertinggal dalam pengembangan teknologi mobil otonom dengan pabrikan mobil lainnya. Selain itu, langkah ini disinyalir sebagai realisasi Hyundai yang mengatakan pada bulan Februari lalu siap menginvestasikan US$ 12,3 miliar untuk pengembangan teknologi otonom.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X