unicef

unicef
Lifestyle

Deretan Makanan Pereda Stres

Photo Credits: 123rf

Selain berolahraga atau meditasi, stress juga dapat diredakan dengan memberi asupan yang tepat ke dalam tubuh.  Ada sederet makanan yang ternyata memiliki kandungan pereda depresi. Kira-kira apa saja?

Buah Beri

Sebuah penelitian yang dilakukan Torrey Pines Institute for Molecular Studies menemukan buah beri memiliki kandungan kimia yang serupa dengan asam valporat yang merupakan obat penstabil mood. Anthocyanidin Flavonoid yang ditemukan di dalam buah beri dipercaya dapat mengurangi peradangan yang pada dasarnya berhubungan dengan tingkat depresi.

Biji Gandum

Studi Journal of Neuropharmacology pada 2010 menunjukkan biji gandum mengandung flavonoid yang terbukti memiliki efek anti depresi. Tren berbagai olahan makanan dengan biji gandum yang belakangan menjadi tren dapat mempermudah Anda memperoleh panganan ini.

Rumput laut

Rumput laut merupakan sumber magnesium dan tryptophan yang baik. Magnesium dapat membantu mengendurkan otot-otot. Sementara tryptophan membantu tubuh memproduksi serotin yang dibuat otak untuk meningkatkan mood. Bagi pengidap masalah kecemasan, mengonsumsi rumput laut dapat membantu mengurangi tingkat kecemasan.

Kerang-Kerangan

Mengandung beberapa tingkat vitamin B12, kerang-kerangan dapat membantu melindungi  sel-sel otak sehingga menjaga otak Anda tetap tajam meski telah bertambah usia. Kerang mengandung sejumlah nutrisi yang mampu menjaga teroid (pengatur suansana hati), seperti nutrisi seng, yodium, dan selenium yang membuat panganan ini tepat untuk meredakan stres.

Salmon

Sebuah jurnal penelitian farmakologi menemukan, salmon mengandung asam lemak omega3 yang dapat meningkatkan suasana hati dan melawan depresi.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top