Resource & Energy

Desa Sejahtera Astra Dorong Ekspor Kopra Putih Riau

Daerah Indragiri Hilir, Riau terkenal dengan produksi kopra putihnya yang bisa menyentuh angka 26 ton per bulan. Melihat potensi tersebut, Astra International melalui program Desa Sejahtera Astra mendukung kegiatan usaha masyarakat di daerah Indragiri Hilir, Riau, untuk pertama kalinya melakukan ekspor kopra ke India beberapa waktu lalu.

Dari kesepakatan yang terjadi, Desa Sejahtera Astra Indragiri Hilir harus mengirimkan kopra sebanyak 15 kontainer atau sebesar 390 ton. Ekspor  ini menyusul penandatanganan nota kesepahaman antara Desa Sejahtera Astra dengan Parshwanath Agri Resources.

Dalam kesempatan yang sama, Astra secara simbolis menyerahkan donasi berupa pembangunan 20 green house produksi di 10 desa, pembangunan gudang tempat pengolahan akhir kopra putih, dan penunjang produksi untuk 10 Desa Sejahtera Astra di Kabupaten Indragiri Hilir.

Acara ini turut dihadiri oleh Direktur Jendral Pembangunan Daerah Tertinggal Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Drs. Samsum Widodo MA, Bupati Indragiri Hilir Muhammad Wardan, Deputy Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah dan Ketua Koordinator Grup Astra Wilayah Batam Kamil Hasan.

Melalui program ini Astra mengklaim telah berhasil membuka 50 lapangan pekerjaan serta meningkatkan produksi kopra olahan menjadi 26 ton per bulan. Selain itu, program Desa Sejahtera Astra ini telah berlangsung sejak Juli 2019 hingga Oktober 2019 dengan 10 desa sebagai targetnya. Melalui program ini Astra sukses melibatkan 900 orang lokal dan menaikkan pendapatan masyarakat setempat sebesar 16% menjadi Rp1,4 juta per bulan.








To Top