Career

Desember Menjadi Bulan Yang Paling Tepat untuk Mencari Pekerjaan

Banyak yang menjadikan awal tahun sebagai momentum yang tepat untuk mendapatkan pekerjaan baru. Namun, menurut JobStreet, saat yang tepat untuk mencari pekerjaan adalah di akhir tahun, atau tepatnya di bulan Desember seperti saat ini. Dalam sebuah survei terhadap lebih dari 500 HRD dan manajer perekrutan,  sebanyak 94% responden merekomendasikan agar pencari kerja melakukan usaha pencarian pekerjaan mereka sampai akhir tahun.

Ada beragam alasan mengapa Desember menjadi momentum yang tepat untuk mencari kerja. Di antaranya, kompetisi relatif berkurang. Dengan mayoritas pencari kerja yang menganggap bulan Desember sebagai bulan yang sepi untuk kesempatan kerja, mereka yang mengajukan lamaran pekerjaan secara otomatis akan jauh lebih mudah diterima dibandingkan dengan bulan-bulan puncak pencarian kerja seperti bulan Januari dan Februari. Manajer perekrutan akan memiliki lebih banyak waktu untuk membaca dengan teliti lamaran Anda bila mereka memiliki jumlah aplikasi yang relatif sedikit untuk diperiksa.

Selain itu, Desember juga menawarkan lebih banyak kesempatan networking. Momen ini ideal untuk menjalin hubungan dengan para profesional baru, baik melalui teman atau keluarga yang menjadi tuan rumah acara. Intinya adalah mengabarkan orang-orang di luar sana bahwa Anda sedang mencari pekerjaan baru.

Bila Anda berani, Desember juga menjadi momentum yang tepat untuk mendekati perekrut dalam suasana liburan. Perekrut dalam suasana liburan umumnya lebih mudah didekati dan dalam suasana hati yang lebih cerah, sehingga memudahkan Anda untuk melewati proses pemeriksaan dokumen mereka yang ketat. Perasaan lebih santai dan memiliki liburan yang ditunggu-tunggu dapat membuat mereka dalam keadaan pikiran yang lebih berempati untuk memberi Anda waktu wawancara.

 

Most Popular








To Top