Automotive

DFSK Glory 560, LSUV Murah Berfitur Mewah

DFSK Glory 560

Hadir sebagai SUV Experts, pabrikan mobil asal China DFSK kini memiliki dua produk di segmen sport utility vehicle (SUV). Salah satunya adalah Glory 560. Beberapa waktu lalu, tim Marketeers berkesempatan menguji mobil ini. Hasilnya seperti apa?

“Ini mobil mewah banget”. Itulah kalimat pertama yang terlontar oleh jurnalis Marketeers saat pertama kali memasuki mobil yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp 189 juta hingga Rp 239 jutaan ini. Untuk mobil berjenis SUV, harga tersebut sangatlah kompetitif. Pasalnya, harga tersebut banyak diisi oleh mobil-mobil multi-purpose vehicle (MPV). Hal ini tentu menjadi nilai positif Glory 560.

Kesan murahan pun berhasil ditepis oleh interior Glory 560. Paduan warna hitam dan krem pada seisi kabin dengan jok kulit dan dashboard dengan sentuhan soft finish berdesain simpel namun elegan menghiasi kabin low SUV ini.

Ketika melirik ke bagian tengah dashboard, LCD layar sentuh 8 inci bergaya floating display terpampang anggun. Layar yang bertajuk Smart Screen ini mampu menampilkan berbagai fitur hiburan, navigasi, koneksi Bluetooth, hingga paparan kamera belakang ketika mobil hendak mundur atau parkir.

Cukup puas disambut dengan interior Glory 560, Marketeers pun langsung menghidupkan mesin dengan push start button yang berada di kiri bawah tidak jauh dari posisi stir. Ya, Glory 560 sudah tidak menggunakan anak kunci untuk menghidupkan mesin.

Begitu mesin telah hidup, Glory 560 1,5T CVT yang ditunggangi Marketeers memulai start dengan cukup baik. Tenaga dari mesin berkapasitas 1498 cc dengan power 148 hp berhasil dikeluarkan dengan baik dan mulus oleh transmisi otomatis (CVT). Begitu juga ketika mobil ini diuji di sepanjang jalan tol lingkar luar. Tenaga yang dihasilkan mobil ini cukup memuaskan.

Rasanya, tenaga yang dikeluarkan seimbang dengan konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan si besar ini. Menurut laporan PT Sokonindo Automobile -selaku pemegang merek DFSK-, konsumsi bahan bakar untuk Glory 560 turbo adalah sekitar 1:12,66. Artinya, 1 liter bensin bisa digunakan untuk menempuh jarak 12,66 kilometer. Klaim tersebut didapatkan berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan DFSK bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dengan metode ECE 101.

Sayangnya, steering yang terasa sangat ringan, memaksa pengemudi untuk berpegangan erat dan menjaga stabilitas dari stir mobil ini. Di sisi lain, kondisi stir yang bisa diatur ketinggiannya ini sangat bermanfaat ketika bermanuver di kecepatan rendah. Mobil tidak terasa berat untuk berbelok ke kiri maupun kanan.

Sensasi berkendara yang menyenangkan juga mampu dihadirkan oleh paduan kursi pengemudi dan posisi stir yang cukup landai. Suspensi depan bertipe MacPherson Strut dan Multi-Link untuk suspensi belakang berjenis Coil Spring juga menjalankan tugasnya dengan baik. Mobil terasa cukup tenang di kecepatan tinggi meski harus melewati jalan sedikit bergelombang atau speed breaker di beberapa titik jalanan ibu kota.

Ketika menghadapi jalan bebatuan, Glory 560 masih terasa enak meski performanya tidak superior. Namun, rasanya torsi sebesar 220 Nm harus dipancing dengan pedal gas yang diinjak cukup dalam ketika mobil dalam posisi berenti dan dihadapkan dengan jalanan tanjakan atau polisi tidur yang cukup tinggi.

Poin plusnya, kepercayaan diri dalam mengemudi dapat terjaga dengan baik ketika di dalam mobil ini. Pasalnya, pandangan yang didapat dari posisi kemudi menuju areal luar di sekitar mobil mampu ditangkap dengan baik. Kondisi ini membuat pengemudi cukup percaya diri membawa mobil berukuran panjang 4.515 mm, lebar 1.815 mm, dan tinggi 1.735 mm ini. Begitu juga ketika melewati jalan yang agak sempit. Cukup mudah untuk memprediksi bagian terluar mobil ini.

Secara keseluruhan, kabin LSUV berkapasitas tujuh penumpang ini cukup besar. Dengan baris depan dan tengah yang dapat disesuaikan, Glory 560 cukup cocok dengan karakter konsumen keluarga di Indonesia.

Untuk mencari kepercayaan konsumennya, DFSK telah menyiapkan garansi hingga 7 tahun atau 150 ribu kilometer. Jaringan diler juga terus diperluas. Tercatat, DFSK telah memiliki 50 diler yang beroperasi tahun lalu. Tahun ini, DFSK bermisi untuk menambah 40 diler hingga akhir tahun 2019.

Jadi, bagi Anda yang sedang mencari mobil yang mengedepankan fungsi, sensasi dan kemewahan khas mobil SUV, Glory 560 bisa menjadi bahan pertimbangan Anda. Fitur yang mewah, tenaga yang mumpuni, dan harga yang jauh dibawa kompetitor sesama mobil SUV, DFSK Glory 560 memang memukau.

Editor: Sigit Kurniawan








To Top