Consumer Goods

Di Belanja Online, Kredibilitas Lebih Dicari Ketimbang Harga

September menandai dimulainya pesta belanja online akhir tahun di Indonesia. Banyak platform e-commerce yang mengadakan serangkaian kampanye khusus untuk mengejar target akhir tahun mereka.

Survei yang dilakukan oleh Shopback kepada 5.100 responden menemukan bahwa 2/3 responden mengaku berencana akan berbelanja lebih banyak ketimbang festival belanja online tahun lalu. Disamping itu, sebanyak 38,6% dari responden akan berbelanja sebanyak Rp 500.001- Rp 1.500.000 dan sebanyak 36,8% responden akan berbelanja di bawah Rp 500.000. Sementara itu, berdasarkan data historikal ShopBack, rata-rata masyarakat Indonesia menghabiskan Rp 2.105.811.

“Festival belanja online akhir tahun memang selalu menjadi momen yang dinanti-nanti masyarakat Indonesia, karena pada periode ini mereka mendapat harga terbaik dalam membeli beragam produk yang diinginkan,” ujar Yolanda Margaretha, Head of Business Development, ShopBack Indonesia.

Yolanda menambahkan, tidak hanya menguntungkan masyarakat, festival belanja online akhir tahun juga memberikan berkah bagi para pelaku belanja online dengan rata-rata transaksi meningkat hingga tiga kali lipat dibanding hari biasa.

“Tahun ini, ShopBack memprediksi akan terjadi peningkatan hingga dua kali lipat dalam hal order dibanding periode festival belanja online tahun sebelumnya,” kata Yolanda.

Dalam berbelanja online, masyarakat Indonesia dapat dikatakan sudah lebih bijak dalam menentukan barang apa yang akan dibeli. Menilik dari hasil survei yang dilakukan ShopBack, responden mengaku lebih mempertimbangkan kredibilitas penjual ketimbang harga yang ditawarkan.

MARKETEERS X

Most Popular

ALIVE Indonesia







To Top