Finance

Diakuisisi Zurich, Asuransi Adira Jadi Asuransi Umum Global Terbesar di Indonesia

Zurich insurance Group telah menyelesaikan akuisisi 80% saham PT Asuransi Adira Dinamika Tbk dari PT Bank Danamon Indonesia Tbk. Akuisisi ini menjadikan Asuransi Adira menjadi perusahaan asuransi umum global terbesar di Indonesia.

Bagi Zurich, pembelian saham ini merupakan langkah besar di kawasan Asia Tenggara. Perusahaan asuransi asal Swiss ini menggelontorkan dana sekitar Rp 6,8 triliun untuk akuisisi ini. Nilai transaksi ini merupakan yang terbesar di industri asuransi Indonesia dalam lima tahun belakang ini.

“Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia dengan jumlah kelas menengah yang terus meningkat. Sehingga, Indonesia menjadi bagian penting dari strategi pertumbuhan kami di Asia Pasifik. Apalagi, pasar Indonesai telah memberikan kontribusi signifikan bagi Grup Zurich,” kata Jack Howell, CEO Zurich Asia Pasifik, hari ini, di Jakarta, (29/11/2019).

Transaksi ini mencakup dua perjanjian distribusi jangka panjang produk-produk tiga institusi keuangan ini. Bank Danamon akan melanjutkan kerja sama dengan Asuransi Adira, karena masih tetap menjadi pemegang saham minoritas dan sebelumnya telah menjalin perjanjian asuransi umum dengan Asuransi Adira untuk mendistribusikan produk-produk Asuransi Adira melalui jaringan distribusi Danamon Group. Kemitraan strategis dengan Zurich akan menghadirkan para nasabah Danamon Group akses terhadap beragam produk yang terbaik dari insititusi global terkemuka.

“Kami punya keunggulan masing-masing, dengan menggabungkannya kami akan menawarkan produk dan layanan terbaik bagi pelanggan ritel dan korporat. Jaringan luas Asuransi Adira dan relasi dengan pelanggan akan melengkapi keahlian underwriting Zurich,” tambah Jack.

Sejauh ini, Zurich telah menempatkan satu komisaris dan 1 direksi di Asuransi Adira. Zurich menegaskan bahwa dalam waktu dekat belum akan melakukan perombakan manajemen di level direksi. “Saat ini, kami fokus untuk mengonsolidasikan dan mengembangkan portofolio yang kami miliki,” pungkasnya








To Top