Technology

Darurat Corona, Distribusi Smartphone Global Bisa Turun Sampai 2%

SUMBER: 123RF

Samsung Electronics memutuskan untuk menutup flagship store mereka di China untuk sementara. Hal ini dikarenakan penyebaran virus corona yang hingga kini masih mengkhawatirkan.

Samsung menutup gerai mereka di Shanghai pekan lalu. Gerai seluas 800 meter persegi yang baru saja dibuka Oktober lalu itu merupakan yang terbesar di Cina.

“Kami memutuskan menutup gerai sementara demi keamanan. Pengoperasian kembali gerai ini akan bergantung pada situasi di Cina,” jelas perwakilan Samsung dilansir dari Korean Herald.

Sebelum Samsung, Apple juga telah mengumumkan bahwa mereka akan menutup semua gerai ritel mereka dan kantor korporat di China dengan alasan yang sama.

Pengamat industri memperkirakan bahwa virus Corona di China dapat memengaruhi pasar ponsel pintar dunia. Mulai dari persoalan suplai hingga permintaan pasar.

Sejumlah produsen yang memproduksi perangkat pelengkap untuk ponsel pintar Samsung bahkan telah menjelaskan mereka tidak mampu memenuhi target tepat waktu. Tidak hanya Samsung, Apple juga harus menghadapi hambatan target peningkatan produksi mereka. Virus corona telah memengaruhi produksi iPhone di Cina.

Berdasarkan riset yang dilakukan Strategy Analytics, pengiriman ponsel pintar global bisa jadi menurun sebanyak 2% tahun ini. Virus corona mengambil peran besar mengenai hal itu. Pasalnya, China merupakan penyumbang besar produksi ponsel dunia.

 

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top