Finance

DOKU: Pembeli Asuransi Online Naik 500%

Photo Credits: AXA General Insurance Indonesia

Pemain layanan payment gateway sekaligus dompet elektronik, DOKU mengaku sektor asuransi sebagai ladang terbesar ketiga bagi bisnis mereka. Meski para pemain asuransi cenderung mengatakan angka penetrasi asuransi di Indonesia masih rendah, DOKU justru merasa pembelian di sektor ini terus meningkat signifikan.

Survei yang dilakukan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia pada tahun 2016 menunjukkan penetrasi asuransi di Indonesia masih sangat rendah dibandingkan dengan total populasi yang pada saat itu mencapai lebih dari 260 juta penduduk. Pendapatan asuransi umum pada 2016 hanya mencapai 0,50% dari total PDB.

Di sisi lain, DOKU justru merasa terjadi pergeseran perilaku masyarakat Indonesia dalam membeli produk asuransi. Angkanya meningkat, bahkan mencapai lebih dari 500% dibandingkan tahun sebelumnya.

“Dari experience kami dua tahun terakhir, shifting pada pembelian produk ini benar-benar terasa. Angka kenaikannya signifikan, tidak hanya 20%-30%, justru bisa di atas 500%,” ungkap Dody Wijaya, Vice President Merchant Business DOKU di Jakarta, Kamis (30/08/2018).

Menurut Dody, saat ini pengguna DOKU paling besar ditemui pada transaksi transportasi, ritel, dan asuransi. Ia mengatakan, hal ini tak terlepas dari perubahan perilaku masyarakat dalam mengonsumsi produk asuransi digital. Terlebih, para pemain kini menyediakan berbagai pilihan produk asuransi yang mudah, murah, dan bisa dipilih sesuai kebutuhan nasabah.

Kian serius membangun kekuatan di sektor asuransi, DOKU pun bekerjasama dengan AXA General Insurance Indonesia untuk memproses setiap transaksi online pelanggan di platform website AXA myPage. Di platform ini, DOKU mengambil peran sebagai penyedia layanan payment gateway sekaligus DOKU Wallet.

“Kami memahami saat ini kehidupan online begitu mendominasi dan manusia terdeterminasi akan hal itu. Di tengah dynamic changers, perusahaan harus mampu menyediakan inovasi yang lebih mudah, dan transparan untuk menjamin keamanan transaksi pembayaran yang dilakukan nasabah. Melalui kerjasama ini, kami optimistis dapat menarik lebih banyak nasabah,” tutur Juan Cazcarra, Chief Financial Officer AXA General Insurance Indonesia.

Editor: Sigit Kirniawan

MARKETEERS X