Technology

Dominasi Apple dan Samsung Pada Pasar Smartphone

Sumber: 123rf

Bisnis ponsel pintar berkembang pesat sepanjang tahun 2019. Dua pemain besar yang bersaing ketat di dunia adalah Apple dan Samsung. Kedua perusahaan teknologi ini menjual model ponsel yang menempati posisi teratas penjualan tahun lalu.

Apple mencatatkan rekor dengan dua produksi mereka yaitu iPhone XR dan iPhone 11. Menurut laporan dari Counterpoint Research dan Omdia, kedua ponsel ini menunjukkan hasil penjualan positif, terutama iPhone 11 yang menempati peringkat kedua penjualan setelah baru hadir di kurang lebih tiga bulan terakhir tahun 2019.

sumber: Counterpoint Research

Kendati menempati posisi teratas dalam peringkat penjualan, terdapat perbedaan jika dilihat dari segi wilayah. Contohnya adalah ponsel Samsung unggul di Eropa, dan Oppo berhasil mengambil hati para pelanggan di China.

Dilansir dari The Verge, dafta 10 besar penjualan ponsel tertinggi masih didominasi Samsung dan Apple. Omdia melaporkan bahwa Apple memiliki lima model dengan penjualan tertinggi, Samsung dengan empat model dan Xiaomi menggeser posisi Huawei yang menempati 10 besar pada tahun 2018. Tahun ini, Xiaomi mencatatkan penjualan lebih dari 16 juta unit ponsel Redmi Note 7.

sumber: Omdia

Meski tidak masuk dalam daftar 10 besar penjualan ponsel tertinggi di dunia, Huawei tidak sepenuhnya kehilangan pesona. Jika dibandingkan dengan penjualan tahun 2018, Huawei mengalami penurunan dalam pemasaran global. Hal tersebut tampaknya tak lepas dari pengaruh blacklist dari Amerika Serikat. Namun, Huawei dengan Huawei P30 sukses menduduki peringkat lima besar ponsel dengan penjualan terbaik di China, berada di belakang Oppo dan Vivo.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top