Consumer Goods

Donasi Hingga Work From Home Jadi Upaya Shopee Kurangi Risiko Penyebaran Corona

Kasus penyebaran virus Corona (COVID-19) semakin deras di masyarakat. Hingga berita ini dinaikkan, kasus positif virus Corona sudah mencapai angka 227 orang dengan death rate 8,37%

“Penyebaran virus yang sangat cepat di Indonesia tentu menunjukkan kekhawatiran. Perlu penanganan yang cepat dan tepat untuk menekan persebaran ini,” kata Pandu Sjahrir, Presien Komisaris SEA Group Indonesia (Shopee) di Jakarta, Rabu (18/03/2020).

Kondiri yang memprihatinkan ini mendorong Shopee melancarkan strategi Corporate Social Responsibility. Perusahaan digital ini menggelontorkan dana Rp 1 miliar yang didonasikan ke Palang Merah Indonesia dan Benihbaik.com untuk membantu penanggulangan penyebaran COVID-19 di Indonesia.

Donasi ini bukan langkah satu-satunya yang dilakukan oleh Shopee. Sebelumnya, perusahaan ini telah melakukan kerja sama dengan PMI dalam menginisiasi program Satu Juta Masker untuk pelanggannya. Seperti di ketahui, penggunaan masker dan hand sanitizer merupakan prosedur awal untuk mencegah penularan COVID-19.

Mematangkan komitmen untuk ikut berperan dalam menanggulangi penyebaran COVID-19 yang semakin luas, Shopee juga mengajak penggunanya untuk berpartisipasi melakukan donasi lewat Kampanye Sejuta Masker yang ada di aplikasi.

Disampaikan oleh Aditya Maulana, Public Relations Lead Shopee, saat ini beberapa tindakan internal juga sudah diimplementasikan. Sistem Work From Home (WFH) diterapkan sesuai himbauan pemerintah untuk melakukan social distancing selama masa penyebaran virus saat ini.

Shopee mengambil langkah aktif meminimalisir gangguan pada operasional harian dan proses kerja reguler karyawan dengan menerapkan video conferencing, instant messaging, email, dan berbagai perangkat komunikasi digital lainnya yang memungkinkan.

“Shopee telah mengambil beberapa tindakan pencegahan untuk melindungi karyawan kami di kantor selama wabah virus ini berlangsung. Beberapa langkah yang kami terapkan seperti menyediakan hand sanitizers dan masker, melakukan pengecekan suhu tubuh di setiap kantor Shopee beroperasi, termasuk di gudang Shopee yang secara rutin dibersihkan dengan disinfektan,” tuturnya.

Aditya menerangkan bahwa Shopee berkomitmen untuk tetap menjamin operasional bisnis dan pengalaman berbelanja pengguna berjalan seperti biasanya.

“Kami memastikan bahwa pengguna tetap bisa mengakses berbagai produk dari kebutuhan di aplikasi kami tanpa gangguan selama periode ini, dengan upaya kami dalam menjamin sistem transaksi pengguna untuk tetap berjalan seperti biasanya. Jasa pengiriman barang masih berjalan seperti biasa sesuai dengan pemesanan dari para pengguna kami. Kami mendukung himbauan dari pemerintah mengenai social distancing dan kami memastikan pengguna dapat mengakses kebutuhan sehari-harinya melalui Shopee,” tutup Aditya.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top