Technology

Dorong Inklusi Keuangan Digital, Pegadaian Berkolaborasi dengan OVO

SUMBER: OVO

Dalam mendorong pertumbuhan dan pemerataan inklusi keuangan di Indonesia, OVO, platform pembayaran dan layanan keuangan digital menjalin kerja sama dengan PT Pegadaian Persero. Diharapkan kerja sama ini dapat membawa lebih dari 13,4 juta nasabah Pegadaian masuk ke dalam ekosistem keuangan digital yang terintegrasi.

Berdasarkan data terakhir, OVO telah memproses 1 miliar transaksi dalam satu tahun secara real time, dengan peningkatan jumlah transaksi lebih dari 70% di tahun 2019. Sinergi strategis ini juga diharapkan dalam memperkecil jumlah penduduk yang belum tersentuh layanan perbankan.

“Kesepakatan antara OVO dan Pegadaian akan semakin meniadakan kesenjangan layanan keuangan berbasis teknologi bagi pengguna. Nasabah Pegadaian dan pengguna OVO kini dapat memperoleh pengalaman bertransaksi secara non-tunai,” ujar Presiden Direktur OVO Karaniya Dharmasaputra, di Jakarta (08/01/2020).

Karaniya pun menegaskan komitmen OVO mendukung target pemerintah menjadikan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara. Karena itu, OVO terus berupaya menjadi solusi layanan finansial terpadu. OVO juga secara aktif mendukung Gerakan Nasional Non Tunai serta inovasi QRIS dari Bank Indonesia.

“Strategi ekosistem terbuka yang dilakukan oleh OVO, secara signifikan mampu memperluas adopsi serta pertumbuhan jumlah merchant, khususnya penusaha mikro, kecil, dan menengah. Hal ini selaras dengan layanan keuangan Pegadaian dengan fokus pada segmen nasabah yang sama,” tambah Karaniya.

Dari pihak Pegadaian, Kuswiyoto, Direktur Utama Pegadaian mengatakan kerja sama ini sebagai wujud komitmen perusahaan untuk terus berinovasi. Nantinya, para nasabah Pegadauan dapat melakukan transaksi keuangan melalui OVO seperti pembayaran, top-up, serta pencairan (disbursement).

Kerja sama ini juga akan meliputi program pendaftaran, registrasi, dan upgrade OVO sesuai dengan prinsip-prinsip KYC (know-your-customer) OVO. Disamping itu kedua pihak akan terus terbuka untuk menggali potensi kerja sama lainnya yang menguntungkan nasabah.

Nota kesepahaman antara OVO dan PT Pegadaian Persero menggarisbawahi kesamaan visi kedua institusi dalam mendorong inklusi keuangan melalui pemanfaatan teknologi digital. Dengan terus meningkatnya adopsi penggunaan pembayaran digital di Indonesia, sinergi ini akan mempercepat tercapainya target inklusi keuangan pemerintah.

 

Editor: Eko Adiwaluyo








To Top