Government & Public Services

Dorong Waralaba Lokal ke Global, Kemendag Gelar Business Matching

SUMBER: KEMENDAG

Dalam upaya mendorong waralaba lokal untuk merambah pasar dunia, Kementerian Perdagangan menggelar program penjajakan kesepakatan dagang atau business matching yang bekerja sama dengan beberapa perusahaan dari Hongkong. Acara yang diselenggarakan pada 4-5 November ini diikuti oleh 22 pengusaha waralaba lokal di Kementerian Perdagangan, Jakarta.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong waralaba lokal ke mancanegara, mengingat besarnya potensi dan peluang bisnis kulinet Indonesia yang masuk ke pasar Hongkong. Hal ini dikarenakan jumlah penduduk Hongkong dan turis yang mengunjungi Hongkong cukup banyak jumlahnya,” ujar Direktur Jendral Perdagangan Dalam Negeri Suhanto.

Suhanto juga menambahkan bahwa Hongkong adalah mitra dagang Indonesia yang sangat potensial. Nilai perdagangan Indonesia dan Hongkong tercatat mencapai lebih dari US$ 5 miliar pada tahun 2018 dengan tren pertumbuhan positif sebesar 3,2% per tahun.

Selain business matching, ada pula pameran waralaba yang diikuti oleh para peserta pengusaha lokal, seperti Black Kebab, Mushroom Factory, Warung Koffie Batavia, dan lain sebagainya.

“Melalui kewirausahaan diharapkan dapat mengubah pola piker masyarakat dari pencari kerja menjadi pencipta lapangan kerja. Melalui kegiatan ini, kami juga berharap para peserta mendapatkan mitra dalam negeri dan luar negeri, khususunya pengusaha Hongkong,” tutup Suhanto.

Editor: Sigit Kurniawan

 








To Top