Lifestyle

Dubai Quranic Park, Destinasi Islami Baru di Kawasan Timur Tengah

Sumber: Dubai Tourism

Dubai memperkenalkan destinasi wisata Islami baru yang diberi nama Quranic Park pada kuartal kedua 2019. Atraksi budaya ini sengaja dikembangkan sebagai cara Dubai mengedukasi wisatawan mengenai budaya Islam yang berkembang di Uni Emirat Arab. Seiring dengan pembukaanya, TIME menyertakan Quranic Park ke dalam daftar World’s Greatest Places kategori To Visit, To Stay, dan To Eat and Drink.

Berkawasan di Al Khawaneej, Quranic Park sengaja dibuka untuk umum tanpa ada tarif masuk. Kawasan ini dirancang untuk memberikan pemahaman budaya dan edukasi mengenai peninggalan Islam. Tidak hanya itu, keluarga yang datang juga dapat menikmati waktu bersama.

The Cave of Miracles (Sumber: Dubai Tourism)

Area dalam kawasan ini terbagi menjadi dua, yaitu The Glass House dan The Cave of Miracles. Di dalam The Glass House terdapat 29 ragam tanaman yang disebutkan dalam kitab Al-Quran, termasuk pohon zaitun, ara, tanaman henna, dan lidah buaya. Sementara itu, The Cave of Miracles menghadirkan berbagai keajaiban yang disebutkan di Al-Quran.

Dikutip dari pernyataan Dubai Tourism, Pemerintah Dubai mengharapkan pengembangan ini dapat menjadi magnet untuk menarik wisatawan ke Dubai. Apalagi pamor pariwisata Muslim yang kini tengah naik daun.

Dubai sendiri berada di peringkat 10 besar Muslim Inbound Destinations di antara negara-negara OKI (Organisasi Kerjasama Negara Islam). “Lewat atraksi baru ini, Dubai memiliki tujuan untuk menyediakan destinasi wisata yng dapat memperkaya pemahaman pengunjug mengenai agama dan sejarah Islam. Destinasi ini juga sebagai jawaban atas peningkatan permintaan atas destinasi wisata edukatif di Dubai,” pungkas perwakilan Dubai Tourism.

Most Popular








To Top