Technology

Dukung Ekosistem Startup, NTT Gelar Startup Challenge 2019

Foto (Ki-Ka): Hendra Lesmana, CEO NTT Ltd di Indonesia - Yasunori Kinebuchi, Founder, NTT Startup Challenge Program - Azuza Kawakami, Head of Marketing, NTT Startup Challenge Program

Perusahaan penyedia solusi IT NTT Ltd belum lama ini menggelar kompetisi startup bertajuk NTT Startup Challenge 2019. Ajang ini menjadi dukungan NTT untuk pengembangan usaha rintisan di Indonesia dan negara-negara di Asia Tenggara. Di sini, NTT memberikan dukungan kepada para startup yang memiliki kreativitas dan teknologi inovatif untuk menciptakan ekosistem persaingan yang sehat di negara ini.

NTT Startup Challenge pertama dilakukan pada tahun 2017, bermitra dengan sejumlah perusahaan-perusahaan global. Tahun ini, akan ada 10 finalis yang akan terpilih untuk memberikan presentasi mengenai bagaimana mereka dapat mengakselerasi usaha mereka dan menjadi mitra NTT.

“Jika dulu kami menggunakan nama Dimension Data, kini sejak diakuisisi pada tahun 2010, kami rebranding menjadi Nippon Telegraph and Telephone (NTT),” ujar Hendra Lesmana, CEO NTT Ltd. Indonesia di Shangri-La Hotel Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Periode registrasi NTT Startup Challenge 2019 sudah dimulai sejak 8 Agustus 2019 dan akan berakhir pada 23 Oktober 2019. Terdapat 500 perusahaan rintisan yang berpartisipasi dalam mempromosikan solusi-solusi kreatif dan model bisnis inovatif mereka dengan berfokus pada bidang Big Data, Fintech, Artificial Intelligence, dan Sharing Economy.

Puncak dari ajang NTT Startup Challenge akan berlangsung pada 20 hingga 21 November 2019. Pada 20 November 2019, di ajang pembukaan ini, 10 finalis yang terpilih akan memberikan presentasi mengenai ide-ide dan model bisnis mereka di depan para juri yang berasal dari perusahaan-perusahaan pendanaan top, korporasi-korporasi besar dan mitra-mitra strategis NTT.

Tiga pemenang teratas usaha rintisan akan memenangkan total hadiah sebesar USD 10.000, dengan rincian: USD 5.000,- untuk pemenang pertama, USD 3.000,- untuk runner up pertama dan USD 2.000,- untuk runner up kedua. Selain itu, finalis terpilih juga akan menerima penghargaan dari para mitra strategis NTT, Panasonic, dan Orange Japan.

Lalu pada 21 November 2019, NTT akan menyelenggarakan ajang pencocokan secara tertutup. Mereka akan mempercepat kerjasama antara usaha-usaha rintisan di Asia dengan perusahan-perusahaan yang sudah mapan untuk menjembatani inovasi dan model usaha yang baru muncul. Para finalis NTT Startup Challenge 2019 serta para pemenang di ajang sebelumnya, akan diundang ke ajang ini.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X