Edukasi Para Agen Asuransi, Qoala Plus Dorong Inklusi Keuangan di Tanah Air

profile photo reporter Bianca Astira
BiancaAstira
18 Januari 2022
marketeers article
Perkembangan teknologi membawa kehadiran keuangan digital kian marak. Tak terkecuali asuransi yang berbasis teknologi, atau yang kerap dikenal insurtech. Qoala yang merupakan salah satu pemain di dalamnya, aktif mengajak para pemasar produk asuransi untuk meningkatkan inklusi keuangan di Tanah Air. Upaya ini dilakukan perusahaan melalui Qoala Plus.
Tri Utomo, Direktur Bisnis Qoala Plus menyampaikan bahwa kehadiran Qoala Plus sejak tahun 2018 memungkinkan tenaga pemasar asuransi untuk menemukan produk asuransi terbaik. Mulai dari asuransi Hospital Cash Plan (HCP), asuransi perjalanan, asuransi mobil, asuransi properti, hingga asuransi jiwa dan kesehatan.
“Para tenaga pemasar asuransi ini akan menjadi roda penggerak pertumbuhan penetrasi asuransi yang bersinggungan langsung. Upaya ini juga akan menghadirkan inklusi keuangan masyarakat yang sejalan dengan target pemerintah. Pasalnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani telah menargetkan tingkat inklusi keuangan Indonesia naik hingga 90% pada tahun 2024,” ungkap Tri.
Target ini sesuai juga dengan misi Qoala Plus, yakni dalam memberikan kemudahan bagi seluruh lapisan masyarakat untuk bisa memasarkan dan memperoleh asuransi yang terjangkau. Untuk mencapai hal tersebut, Qoala Plus mengadakan serangkaian acara Qoala Plus Kick Off di beberapa kota besar di Indonesia, di antaranya Jakarta, Surabaya, Semarang, Bandung dan Medan.
Dalam rangkaian acaranya, Qoala Plus akan bertemu dengan para tenaga pemasar untuk membahas visi misi perusahaan pada tahun 2022. Tak hanya itu, perusahaan juga  memberikan apresiasi kepada para tenaga pemasar yang berhasil mencapai target tahun 2021.
Sebagai platform digital dari unit insurtech, Qoala Plus mengoptimalkan pelayanan lewat aplikasi yang mudah diakses dan inovasi produk asuransi digital. Aplikasi ini tak hanya memudahkan dalam memberikan layanan dan menawarkan berbagai jenis produk kepada nasabah secara end to end untuk mempercepat proses, namun para pemasar juga dipermudah untuk mendapatkan komisi secara praktis.
Qoala Plus turut meningkatkan kesejahteraan tenaga pemasar melalui edukasi, peningkatan kecanggihan teknologi yang memberikan kemudahan akses dan terus mendorong digitalisasi proses kerja agar para tenaga pemasar lebih produktif.
“Aplikasi ini juga bermanfaat bagi para perusahaan asuransi dengan membantu meningkatkan penjualan produk melalui channel distribusi baru, yakni akses layanan yang terdigitalisasi,” kata Banua Sianturi, Senior Vice President Sales Qoala Plus.

Ken Sukasah selaku Chief Sales Officer Sompo Insurance Indonesia menyampaikan bahwa sejak tahun 2020, Sompo Insurance telah bermitra dengan Qoala Plus dalam mengembangkan produk asuransi terintegrasi, Menurutnya, kerja sama ini telah berhasil menciptakan ekosistem digital asuransi yang memberi kemudahan akses dari mulai pembelian hingga klaim bagi nasabah.
“Memasuki tahun 2022, kami melangkah bersama dengan terus bermitra dan menghadirkan produk perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Kami juga terus berinovasi sesuai misi kami dalam memberikan rasa aman dan ketenangan kepada para mitra dan pelanggan, baik terkait kebutuhan bisnis maupun personal,” ujar Ken.
Soal performa tahun 2021, Qoala mengklaim berhasil menjadi salah satu perusahaan insurtech terbesar di Asia Tenggara, dalam hal penjualan asuransi dan retail. Pencapaian ini juga didukung oleh keberhasilan Qoala Plus yang mencatat pertumbuhan angka pemasaran produk asuransi hingga lima kali lipat pada tahun yang sama. Diikuti dengan lebih dari 50 ribu tenaga pemasar yang baru bergabung di tahun 2021 yang tersebar di sejumlah kota di Indonesia.
Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related