Government & Public Services

Ekosistem Digital Indonesia Dipuji di Forum Dunia

Source: 123rf.com

Keunggulan ekonomi digital Indonesia menjadi perhatian peserta Forum Tahunan World Summit on the Information Society (WSIS). Dalam sesi High-Level Policy Panel WSIS 2019 bertajuk Ekonomi Digital dan Perdagangan, Direktur Jenderal Pos dan Pemberdayaan Informatika (PPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika Ahmad M. Ramli menyatakan Indonesia terus membangun eksositem digital dan mengukuhkan posisi sebagai negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

“Sebagai negara dengan target kontribusi GDP senilai USD 130 billion dari sektor ekonomi pada tahun 2020 nanti, Indonesia terus membangun ekosistem digitalnya. Salah satunya adalah penyelesaian pembangunan Jaringan Tulang Punggung Berkapasitas Tinggi Nasional, Palapa Ring,” papar Ahmad Ramli, di di Centre International de Conférences Genève, Jenewa, Rabu Rabu (10/04/2019).

Menurut Ahmad, ketersediaan jaringan infrastruktur Palapa Ring dapat melayani Internet berkecepatan tinggi di lebih dari 440 kota dan kabupaten. “Ditambah dengan jumlah pengguna Internet Indonesia yang kini telah berjumlah 150 juta orang, juga dapat mendorong inklusivitas dan adopsi sektor finansial dan pembayaran digital di Indonesia,” jelasnya.

Ahmad menambahkan, kunci membangun eksositem digital adalah pendekatan multistakeholder. Misalnya, dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi, Program Nasional 1.000 Startup, Next Indonesia Unicorn (Nexticorn), Go Online Program dan Digital Talent Scholarship.

MARKETEERS X

Most Popular








To Top