Resource & Energy

Ekspansi Bisnis Produsen Plastik Yasunli di Usia 40 Tahun

Ilustrasi: 123RF

Memulai bisnis dengan tiga buah mesin injeksi untuk produk plastik pada tahun 1980, PT Yasunli Abadi Utama Plastik (Yasunli) akan menyambut usia ke-40. Selama perjalanan, banyak sekali perkembangan yang dikantongi perusahaan. Kini, Yasunli telah memiliki 309 unit injection machine yang tersebar di enam pabrik yang berada di daerah Bekasi & Tangerang dan dioperasikan oleh lebih dari 5.000 orang karyawan.

Menjalankan bisnis dengan model B2B (business to business), Yasunli sukses mentransformasikan plastik menjadi berbagai macam produk. Nama-nama besar seperti Epson, Astra Honda Motor, Sharp, Gojek hingga Grab adalah daftar klien Yasunli. Perusahaan pun mengklaim bahwa selama 10 tahun terakhir telah membukukan pertumbuhan mencapai 200%. Kontribusi terbesar datang dari produk parts mesin cuci dengan pangsa pasar 40% yang dikuasai Yasunli. 

“Bisnis ini kami terus kami kembangkan. Tak hanya di segmen B2B, kami juga meramaikan pasar ritel (business-to-consumer/B2C) sejak tahun 2010. Meski begitu, kontribusi dari segmen B2C masih terbilang kecil, hanya sekitar 5% dari total bisnis kami,” jelas Jouw Erwin, Executive Director Yasunli pada acara Press Conference Yasunli 40th Anniversary di Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Ke depannya, Yasunli menghadirkan produk lain yang befokus kepada home & living products. Langkah ini sesuai dengan semboyan Yasunli, yakni “Shaping Life Together”. Di sini, Yasunli memiliki tujuan untuk membentuk kehidupan yang ideal bersama konsumen. Salah satu produk dari home & living Yasunli adalah produk lampu yang bertajuk “The Serenity Collection”.

“Saat ini produk lighting didominasi oleh produk impor. Sebagai pemain lokal, kami ingin perkenalkan kualitas produk dalam negeri berstandar internasional,” pungkas Erwin. 

Produk lighting yang rencananya akan diluncurkan di bulan Juli 2020 ini merupakan hasil kolaborasi Yasunli dengan Yasuhide Yokoi, desainer industri dari Jepang. Nantinya, seluruh produk akan diproduksi di Indonesia. 

MARKETEERS X








To Top