Lifestyle

Empat Alasan Selalu Ingin Ngemil

Ketika seseorang sedang diet, rasanya ada saja keinginan untuk ngemil. Hal itulah yang dianggap menjadi kebiasaan buruk dan sulit untuk ditinggalkan bagi banyak orang. Tapi pada dasarnya, rata-rata manusia memang butuh untuk mengisi kembali energinya lewat makanan setiap tiga sampai empat jam.

Diet culture biasanya membuat diri lapar. Itu sesuatu yang buruk dan harus diabaikan atau ditekan. Manusia wajar merasa lapar setelah tiga sampai empat jam makan. Tetapi dalam waktu ini, perlu diperhatikan pula level aktivitas dan banyaknya makanan atau snack yang sebelumnya dikonsumsi,” ujar Ahli Diet Rebecca Ditkoff dilansir dari GQ.

Tetapi, bagaimana jika Anda merasa lapar, katakanlah setiap 30 menit? Berikut analisis para ahli mengenai penyebab yang mungkin memengaruhi keinginan untuk makan atau ngemil.

1. Kualitas Tidur

Tidur sangat penting bagi setiap kegiatan yang Anda lakukan di waktu beraktivitas. Tidur berpengaruh pada bagaimana Anda menjalankan rutinitas. Jadi, ini juga memengaruhi level kelaparan. Ketika Anda tidak mendapatkan tidur yang cukup, hal itu meningkatkan hormon lapar, ghrelin. Itulah yang meningkatkan nafsu makan dan membuat Anda merasa lebih lapar dari biasanya.

2. Kurang Minum Air

Normal saja ketika Anda merasa kebingungan untuk membedakan rasa haus dan lapar. Karena, untuk memastikan Anda terhidrasi dengan baik, Anda haru minum sekitar setengah dari berat badan Anda dalam hiyungan ons setiap harinya.

3. Tidak Makan dengan Nutrisi yang Cukup

Ketika Anda berdiet, Anda cenderung mengurangi sejumlah makanan yang dikhawatirkn mengganggu penurunan berat badan. Padahal semestinya Anda mengonsumsi banyak variasi makanan untuk merasa benar-benar kenyang.

4. Anda Tidak Cukup Makan

Ada banyak faktor yang membuat manusia kekurangan makan sepanjang hari. Tetapi, ketika Anda merasa sudah cukup makan namun masih merasa lapar, bisa jadi Anda menginginkan makanan tertentu. Istilahnya, ngidam. Meski terkesan sederhana. Ngidam ini bisa jadi ada karena stres, kebosanan, atau Anda merasa emosional.

Berbagai faktor bisa jadi penyebab Anda mudah lapar. Dari empat yang sudah disebutkan di atas, mana yang pernah Anda rasakan?

Most Popular








To Top