Career

Empat Cara Menghitung Bonus Tahunan Perusahaan

Ilustrasi: 123RF

Bonus tahunan selalu dinanti oleh para karyawan. Perhitungannya pun cukup beragam. Secara umum, terdapat empat elemen yang memengaruhi perhitungan bonus tahunanan yang akan didapat oleh karyawan. Mengutip dari berbagai sumber, berikut empat elemen untuk menghitung bonus tahunan karyawan.

Masa Kerja

Idealnya, semakin lama seorang karyawan bekerja di perusahaan dan semakin tinggi level jabatan yang dipangku, maka jumlah bonus tahunan yang didapatkan akan lebih besar. Anda pun dapat menghitung masa kerja yang telah diemban oleh karyawan tersebut. Begitu juga ketika ia belum mencapai setahun masa kerja. Jumlah bulan masa ia kerja dapat dijadikan perhitungan bonus per proporsi.

Performa

Menentukan bonus juga dapat dilakukan berdasarkan performa setiap karyawan. Dengan begitu, masing-masing karyawan akan mendapat bonus tahunan yang berbeda tergantung kalkulasi kinerja mereka selama setahun belakangan. Nampaknya, cara ini cukup fair dan mengundang semangat berkompetisi yang semakin tinggi. Tentu, manajemen harus menjaga semangat tersebut agar tetap positif dan tidak melahirkan office politics yang negatif.

Performa Perusahaan

Kondisi keuangan perusahaan tentu sangat penting. Tidak sedikit pula perusahaan yang menjadikan performa keuangan perusahaan sebagai parameter memberikan bonus tahunan. Apakah bonus yang diberikan mencapai 100% sejumlah gaji dalam setahun atau tidak dapat dilihat dari pencapaian target perusahaan dalam setahun.

Departemen

Umumnya, departemen atau divisi di sebuah perusahaan terbagi menjadi tiga. yaitu produksi, non produksi, dan supporting. Apabila diurutkan, maka bagian produksi memegang “nilai” paling tinggi, disusul dengan non produksi dan supporting. Jadi, karyawan yang bekerja di bidang produksi akan mendapatkan bonus lebih banyak dari karyawan yang berkerja di bidang supporting.

Di samping itu, ada satu faktor lain yang memengaruhi penghitungan bonus tahunan, yakni sanksi yang pernah diberikan kepada karyawan, baik itu berupa surat peringatan hingga skorsing. Apabila seorang karyawan pernah atau sedang menjalani sanksi tersebut, maka jumlah bonus tahunannya bisa berkurang.

Most Popular








To Top