Lifestyle

Empat Destinasi Wisata Darat di Ambon yang Penuh Makna

Foto: Pinterest

Sebagai kota terbesar di Maluku, Kota Ambon menawarkan wisata eksotis yang mulai mencuri perhatian para traveler. Sayangnya, belum banyak wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini, karena minimnya informasi wisatanya dibandingkan destinasi lain yang lebih dulu dikenal.

Padahal spot wisata Kota Ambon sangat beragam mulai dari wisata pantai, air terjun, goa laut, benteng peninggalan Belanda, museum bersejarah, masjid tertua, termasuk wisata kulinernya yang beragam. Khusus yang hendak pergi bersama keluarga, Kota Ambon dan sekitarnya pun bisa kamu masukkan dalam wishlist wisata kamu. Nah, inilah empat tempat lokasi yang cocok untuk rekreasi keluarga yang dirangkum dari blog Airy.

1. Anjungan Ambon Manise

Anjungan di tepi pantai yang menarik tidak hanya dimonopoli oleh Pantai Losari di Makasar. Kamu bersama keluarga bisa mengunjungi anjungan Ambon Manise di tepi pantai. Spot ini terletak tidak jauh dari Balai Kota Ambon dan Lapangan Merdeka. Menariknya, lokasi dengan tulisan berwarna jingga ini bisa menjadi latar foto yang menawan.

Para wisatawan pun banyak yang sengaja datang di malam hari untuk berfoto di spot ini. Pasalnya, perpaduan warna antara tulisan anjungan ini dnegan sinar lampu yang gemerlap menghasilkan foto yang ciamik.

2. Patung Pattimura

Di sini, kamu dapat berlibur sekaligus memperkenalkan anak-anak pada pahlawan nasional pejuang kemerdekaan. Salah satu spot yang bisa disambangi adalah Patung Pattimura, pahlawan nasional yang berhasil merebut Benteng Duurstede di Kota Saparua.

Patung Pattimura berada di Pattimura Park tidak jauh dari Lapangan Merdeka, yang merupakan sebuah taman dengan bunga-bunga indah. Patung Pattimura tampak gagah berdiri dengan menghunus pedang panjang serta membawa perisai di tangan kanan.

3. Benteng Amsterdam

Dahulu benteng ini dibangun oleh Portugis yang saat itu menguasai rempah-rempah di kawasan ini. Setelah itu, benteng ini berhasil direbut oleh Belanda dan dialihfungsikan sebagai tempat tinggal tentara Belanda, sehingga disebut dengan Benteng Amsterdam.

Di Benteng ini terdapat beberapa lukisan yang salah satunya berupa lukisan wanita dengan kaki sirip mirip putri duyung atau mermaid. Konon, mermaid pernah ditemukan di perairan Maluku kala itu. Alkisah, saat ditemukan wanita berkaki sirip ini terus menangis hingga meninggal dua hari kemudian.

4. Gong Perdamaian

Gong Perdamaian Dunia menjadi simbol perdamaian, setelah pada tahun 1999 sempat terjadi pertikaian terkait isu SARA di kota ini. Kamu pun bisa menyaksikan bendera negara-negara di seluruh dunia yang ada di badan Gong, yang tergantung di puncak tangga.

Gong ini berlokasi di Taman Pelita yang menjadi spot kebanggaan warga Ambon. Pasalnya, saat ini umat beragama di Kota Ambon telah hidup berdampingan secara damai. Jadi, bukan hanya pantai dan dasar laut, daratan kota ini pun punya nilai sejarah yang menakjubkan.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X








To Top