Lifestyle

Empat Tips Cegah Berat Badan Naik saat Natal dan Tahun Baru

Photo Credits: 123rf

Momen liburan Natal dan Tahun Baru menjadi momen yang cukup rawan untuk sebagian orang ketika berbicara soal berat badan. Pasalnya, momen ini kerap dipenuhi dengan aktivitas makan bersama. Survei yang dilakukan Herbalife Nutrition bertajuk “Kebiasaan Makan saat Musim Liburan di Asia Pasifik pada 2019” menunjukkan, rata-rata berat badan konsumen Asia Pasifik naik setelah libur Natal dan Tahun Baru. Lantas, bagaimana cara mencegah kenaikan berat badan di momen Natal dan Tahun Baru?

Makan Sebelum Pesta

Pastikan Anda telah menyantap kudapan sehat yang kaya protein sebelum datang ke pesta. Kacang almond panggang tanpa garam, protein bar, atau yoghurt dapat menjadi pilihan yang tepat untuk disantap. Hal ini penting untuk dilakukan agar Anda terhindar dari godaan menyantap makanan berlebihan di acara pesta.

Makan Perlahan dalam Porsi Kecil

Fokuslah pada kualitas, bukan kuantitas makanan. Anda dapat mengonsumsi makanan dalam porsi yang lebih kecil secara perlahan. Cara ini tidak hanya dapat memuaskan rasa lapar Anda, melainkan juga membantu otak untuk mengirimkan sinyal kenyang kepada Anda sebelum menyantap lebih banyak makanan.

Batasi Minuman Manis dan Beralkohol

Salah satu penyebab dari kenaikan berat badan adalah konsumsi minuman keras dan manis dalam jumlah berlebih. Untuk itu, pastikan Anda membatasi asupan minuman manis dan beralkohol di momen tersebut.

Utamakan Sumber Protein Rendah Lemak dan Sayur-Sayuran

Dibandingkan mengonsumsi makanan yang sarat karbohidrat dan berbahan nasi, pilihlah makanan utama dengan protein yang rendah lemak atau selada dan sayur-sayuran.

Selain deretan cara di atas, Anda juga harus memastikan untuk tetap berolahraga. Dengan begitu, upaya Anda akan lebih maksimal dan berat badan pun dapat terjaga. Selamat mencoba!

Most Popular








To Top