Communication

Empat Tips Merekrut Pekerja untuk Perusahaan Startup

Ilustrasi: 123RF

Menemukan tim yang ideal untuk usaha Anda adalah hal yang wajib. Tim yang mumpuni akan mengantarkan perusahaan ke arah yang lebih baik dan bertumbuh secara berkelanjuta. Namun bagaimana cara menemukan orang yang tepat untuk membangun sebuah tim yang kompak?

Co-founder dan CEO Flexipe dan Remote Tools Karthik Sridharan membagikan kisahnya kepada thenextweb.com tentang bagaimana merekrut orang yang tepat untuk startup. Menurutnya, ada empat strategi yang harus diperhatikan pendiri startup.

Pertama, mempertajam ide. Sebelum membentuk sebuah tim, pendiri terlebih dulu harus mematangkan konsep melalui penelitian dan interaksi dengan pelanggan potensial, praktisi, dan para ahli di bidang tertentu. Sesuaikanlah ide tersebut dengan karyawan yang ingin Anda tangkap.

Pada tahapan ini dibutuhkan seseorang yang bisa bertahan di segala kondisi. Jika salah merekrut, maka bisa saja orang tersebut menjadi penghambat dalam pengembangan startup.

Strategi kedua adalah menemukan kecocokan pasar dengan produk. Tahap ini merupakan tahap kritis di mana pendiri diharuskan mempresentasikan konsep startup ke pelanggan-pelanggan potensial mereka. Pada tahapan ini Anda butuh untuk merekrut seseorang yang memiliki passion soal startup dan bisa melakukan tugasnya tanpa lelah. Namun, janganlah Anda gelap mata dan merekrut orang sebanyak-banyaknya.

Ketiga, meningkatkan kecepatan akuisisi pelanggan. Tahapan ini mengajak Anda untuk melakukan sesuatu yang lebih baik dan lebih terstruktur dari sebelumnya. menyewa tempat atau area yang menjanjikan juga bisa menjadi investasi jangka panjang untuk keberlangsungan startup Anda.

Keempat, penskalaan tanpa batas. Pada tahapan ini pendiri disarankan untuk lebih banyak berinvestasi untuk membangun tim. Selain itu, memperkerjakan individu yang cerdas, dan bersemangat juga bisa dipertimbangkan. Dalam tahap ini juga peran pendiri akan bergeser, tujuannya untuk memastikan para pekerja memiliki lingkungan dan motivasi yang tepat untuk melakukan yang terbaik dalam peran mereka masing-masing.

MARKETEERS X








To Top