Technology

Enam Tips Work From Home Ala HP

SUMBER: HP INDONESIA

Di tengah pandemi virus corona seperti saat ini, sudah seharusnya kita lebih mementingkan kesehatan dan keamanan. Beberapa minggu lalu, pemerintah sudah mengeluarkan anjuran untuk melakukan physical distancing dan mengharuskan masyarakat untuk bekerja dan belajar dari rumah.

Menyesuaikan diri untuk bekerja dan belajar dari rumah memang tidak mudah. Berbagai gangguan kadang terjadi, baik dari teman serumah, anak, pasangan, ataupun hewan peliharaan. Karena itu, menciptakan suasana yang nyaman dan peraturan untuk bekerja dan belajar di rumah cukup penting.

HP Indonesia membagikan beberapa tips yang dapat membantu Anda melakukan pekerjaan secara efektif dan efisien selama pengalaman work from home.

Mengatur ruang kerja

Pilih satu lokasi di rumah dan tetapkan untuk menjadi area kerja. Lokasi tersebut sebaiknya mendapat cukup sinar matahari, tidak terlalu sempit. Dan ruangan private, sehingga Anda bisa menutup pintu sebagai tanda agar tidak diganggu selama bekerja.

Tetapkan jadwal

Seringkali, orang yang beralih untuk bekerja dari rumah mendapati kerjanya memanjang maupun sebaliknya karena berbagai gangguan. Menetapkan jam kerja di rumah sangat penting untuk membantu Anda tetap fokus. Tapi jangan lupa untuk istirahat di sela-sela dan sesudah seharian bekerja.

Sisihkan waktu istirahat

Setelah menetapkan waktu kerja, tentukan juga kapan waktu beristirahat. Gunakan sebagian waktu untuk makan siang, berbincang dengan teman atau kolega tentang topik yang ringan dan tidak berkaitan dengan pekerjaan.

Menjaga komunikasi dengan tim

Tentukan ekspektasi dan peraturan dengan tim Anda untuk memastikan pekerjaan terselesaikan. Manfaat teknologi yang mendukung komunikasi jarak jauh, seperti Microsoft Teams atau software interaksi virtual lainnya.

Tetap bersikap positif dan bersosialisasi

Memiliki pola pikir positif akan membantu Anda dan tim menyesuaikan diri dengan cara baru dalam bekerja. Anda juga perlu mengedepankan kepedulian terhadap kesehatan diri, terlebih dalam situasi seperti ini. Tidur yang cukup, berolahraga, dan makan teratur adalah beberapa hal yang dapat membantu menjaga kesehatan.

Bersihkan perangkat teknologi

Di tengah krisis kesehatan seperti ini, menjaga kebersihan juga sangat dianjurkan, terutama pada perangkat yang selalu Anda gunakan sehari-hari. Gunakan disinfektan yang disarankan oleh CDC (Centers for Disease Control and Prevention), yaitu larutan alkohol yang mengandung 70% isopropil alkohol dan 30% air. Dan gunakan kain microfiber dan sarung tangan sekali pakai ketika membersihkan perangkat Anda.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Most Popular








To Top